Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Media Sosial Tiktok Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di MTs Albashriyyah Bogor

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v9i2.y2022.p82-90

Kata Kunci:

Media sosial, Tiktok, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial tiktok terhadap hasil belajar siswa di MTs Albashriyyah Bogor. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasi dengan mengumpulkan data angket. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validasi, uji normalitas, uji reliabilitas, uji linearitas dan uji T (uji hipotesis). Pengelolaan data dalam penilitian ini menggunakan aplikasi SPSS dan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang sangat signifikan antara Media Sosial Tiktok terhadap Hasil Belajar Siswa. Hal ini sesuai dengan perhitungan peneliti dengan menggunakan program Microsoft Excel 2010, yang menggunakan Uji-correlations diperoleh nilai t(hitung) > t(tabel) yaitu 4,447470105 > 2,001717484 yang berarti adanya pengaruh yang signifikan antara Media Sosial Tiktok dengan Hasil Belajar Siswa di MTs Albashriyyah Bogor

Biografi Penulis

Rika Asoka Nabila, Universitas Pamulang

Sesuatu yang ditakdirkan menjadi milik kita sampai kapanpun takkan menjadi milik orang lain

Referensi

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Deriyanto Denny, (2018), Fathul Qorib, Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Tiktok Jurusan Ilmu Komunikasi dan Politik, 7(2)

Ferlitasari Reni, Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja di Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Tahun 2018 (Tersedia di Online).

Fitri Sulidar, (2017), Dampak positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak, Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Muhamadiyyah Tasikmalaya.

Danim, Sudarwan. 2017. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Muhidin, Aeng. 2015. Buku Ajar Statistika Pendidikan. Pamulang: Universitas Pamulang Press.

S.Margon, 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakrta: Rineka Cipta.

Suryabrata, Sumadi. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&Di. Bandung: Alfabeta

Diterbitkan

2022-12-28

Cara Mengutip

Nabila, R. A., Setiawati, S., & Nurdiyana, N. (2022). Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Media Sosial Tiktok Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di MTs Albashriyyah Bogor. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 82–90. https://doi.org/10.32493/jpkn.v9i2.y2022.p82-90

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.