Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dalam Pengajaran Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar

Penulis

  • Heri Hidayat UIN Sunan Gunung Djati
  • Heny Mulayani UIN Sunan Gunung Djati
  • Neng Yulis UIN Sunan Gunung Djati
  • Nuraini Idris UIN Sunan Gunung Djati
  • Ratih Komalasari UIN Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v8i1.y2021.p30-40

Kata Kunci:

STAD, nilai-nilai Pancasila, PPKn

Abstrak

Abstrak
Penerapan nilai-nilai Pancasila di Sekolah Dasar belum maksimal sehingga perlu adanya alternatif dalam proses pembelajaran PPKn supaya mendapatkan hasil yang lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait model pembelajaran STAD, penerapan, serta hasil dari penerapan model pembelajaran STAD dalam kegiatan pembelajaran PPKn terutama pada nilai-nilai Pancasila. Metode yang digunakan merupakan metode deksriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi kepustakaan atau Library Research berupa hasil penelitian terdahulu dan jurnal-jurnal publikasi. Berdasarkan metode tersebut dihasilkan kesimpulan bahwa model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap prestasi hasil belajar siswa dan dapat membentuk prilaku siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Supaya mendapatkan hasil yang lebih optimal, guru harus menggunakan model STAD secara berkesinabungan dan sebagai fasilitator guru harus memahami langkah-langkah model pembelajaran STAD dengan baik.

Diterbitkan

2021-10-16

Cara Mengutip

Hidayat, H., Mulayani, H., Yulis, N., Idris, N., & Komalasari, R. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dalam Pengajaran Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 30–40. https://doi.org/10.32493/jpkn.v8i1.y2021.p30-40

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.