Analisis Kinerja Keuangan PT Goto Gojek Tokopedia Tbk Pasca diAkuisisi oleh TikTok: Fokus pada Profitabilitas dan Pertumbuhan Pendapatan

Authors

  • Siska Achyu Wardani Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Tubagus Hafizh Fakhri Athallah Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Reza Khairul Hadi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Kinerja Keuangan, PT Goto Gojek Tokopedia Tbk, Akuisisi, Profitabilitas, Pertumbuhan Pendapatan

Abstract

Diera globalisasi yang serba cepat ini, perusahaan jasa dan transportasi semakin berkembang pesat. Semua perusahaan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dengan menggunakan strateginya. Seperti halnya PT Goto Gojek Tokopedia Tbk yang melakukan strategi dengan berkolaborasi dan menjual sahamnya atau diakuisisi oleh Tiktok. Strategi akuisisi ini dilakukan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Akuisisi PT Goto Gojek Tokopedia Tbk oleh TikTok pada tahun 2023 telah menjadi titik balik dalam perjalanan perusahaan dan berpotensi mempengaruhi kinerja keuangan dalam hal yang signifikan. Oleh karena itu, jurnal ini disusun bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan PT Goto Gojek Tokopedia Tbk pasca akuisisi, khususnya dalam menilai profitabilitas dan pertumbuhan pendapatan. Secara kuantitatif, metode analisis digunakan pada data keuangan yang diambil dari laporan tahunan sebelum dan sesudah akuisisi yaitu tahun 2022 dan 2023. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa profitabilitas dan pertumbuhan pendapatan pada PT Goto Gojek Tokopedia Tbk telah meningkat secara signifikan setelah akuisisi tersebut.

References

Agustinus, A., & Rahardjo, S. (2020). The Effect of Acquisition on Company Performance: A Case Study of Indonesian Firms. Journal of Business Research, 12(3), 45-59.

Goto Financial Reports. (2023). Annual Report 2023.

Handoko, E. (2023). Impact of Mergers and Acquisitions on Revenue Growth in Indonesian Companies. International Journal of Business and Management, 14(1), 32-47.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. (2024). Laporan Statistik Perdagangan dan Ekonomi Digital.

Kusnadi, R. (2022). Financial Performance of Technology Firms in Indonesia Post-Merger. Journal of Finance and Accounting, 8(2), 100-115.

Pangestu, D. (2021). Corporate Acquisition: A Strategy for Growth and Efficiency. Indonesian Journal of Management Science, 9(1), 56-70.

Prasetyo, R., & Lestari, I. (2021). Revenue Growth Factors Post-Acquisition: Evidence from Indonesian Enterprises. Journal of Economic Perspectives, 15(4), 85-98.

Rahardjo, T. & Setiawan, A. (2024). The Impact of Digital Platforms on Business Performance in Indonesia. Journal of Business Management, 15(3), 78-90.

Riyanto, S., & Susanti, R. (2022). Profitability Analysis of Merged Companies in Indonesia. Indonesian Journal of Business and Finance, 11(2), 66-79.

TikTok Investor Relations. (2023). Press Release: Acquisition of Goto.

Wibowo, A. (2023). Profitability Trends in Indonesian Firms Post-Merger: An Empirical Analysis. Asian Journal of Business and Management Studies, 10(1), 78-91.

Downloads

Published

2024-12-21

How to Cite

Wardani, S. A., Athallah, T. H. F., & Hadi, R. K. (2024). Analisis Kinerja Keuangan PT Goto Gojek Tokopedia Tbk Pasca diAkuisisi oleh TikTok: Fokus pada Profitabilitas dan Pertumbuhan Pendapatan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/46173