Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Motobatt Indonesia
Keywords:
Harga, Promosi, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan harga terhadap kepuasan pelanggan pada PT Motobatt Indonesia. Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada PT Motobatt Indonesia. Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada PT Motobatt Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 213 pelanggang tetap PT Motobatt Indonesia Tangerang Selatan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling diperkecil lagi menggunakan rumus Slovin. Dengan demikian sampel yang diambil dalam penelitian ini dibulatkan menjadi 140 orang responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Persepsi Promosi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Harga dan Promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan.
References
Algifari, M. (2020). Ekonometrika: Pendekatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ali, Hasan . 2021. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service)
Alma, Buchari. 2020, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Amirudin. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Loyalitas Di Tunas Toyota Ciputat. Jurnal Semarak,Vol. 2,No.2.
Anang Firmansyah. 2019. Pengantar Manajemen. Edisi ke-1. Yogyakarta: Deepublish.
Arikunto, Suharsimi. 2020. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Astuti, Dewi. 2019. Manajemen Keuangan Perusahaan. Cetakan Pertama. Jakarta: Ghalia.
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2021). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam.
Daryanto, & Setyobudi, I. (2020). Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media
Dessler, G. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Donni Juni Priansa. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Effendi, usman 2020.Asas manajemen, Edisi 1,cetakan 1,Jakarta: Rajawali pers.
Ela Hulasoh, Fedirman Halawa. 2023. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Sumber Alfaria (Alfamart) Sawah Lama, Ciputat. JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi, Vol.5. No. 2.
Erick Haryana, Ela Hulasoh. 2024. Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel Mobil pada PT Satria Jaya Motor di Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen, Vol 4 (1).
Fandy, Tjiptono. 2019. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Andi.
Ghozali, I. (2017). Kuesioner dan Validitasnya. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hani Handoko T, 2017. Manajemen , EdisiKe 2, Penerbit ,BPEF, Yogyakarta.
Hanum Puspa Dhiani, Dedek Kumara, Surti Wardani. 2021. Pengaruh Pelayanan Prima Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Dan Pemancingan Warung Bambu Di Serpong Tangerang Selatan. Jurnal Semarak,Vol.4,No.3.
Iis Kartini, Edi Wahyu Wibowo, Eko Sugiyanto. 2021. Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Berdampak Loyalitas Dalam Berbelanja Online Pada Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, Vol. 10, No. 1.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Irawan, H. (2021). Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Irma Suci Rahayu, Ari Susanti. 2022. Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen KFC Di Surakarta, Jurnal Administrasi Dan Manajemen.
Istijanto, I. (2019). Skala Likert: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).
Kristiawan, Muhammad. 2020. Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Deeplubish.
Lupiyoadi, Rambat. 2019. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.
M. Manullang. 2018. Dasar-dasar Manajemen, edisi revisi, setakan tujuh. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Malholtra, N. K. (2020). Marketing Research: An Applied Orientation. New Delhi: Pearson Education India.
Nurmin Arianto.2019. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Berdampak Terhadap Loyalitas Pelanggan. KREATIF Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, Volume 7, No 1.
Riduwan & Sunarto, K. (2019). Pengantar Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Ridwansyah. (2017). Promosi. Jakarta: Rajawali Pers.
Santoso, S. (2020). Uji Asumsi Klasik dalam Regresi Linear. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Septi Herawati, Astri Alifia Abdillah. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kopi Nako Di Alam Sutera Tangerang. Jurnal Widya Persada, Vol. 1, No. 1.
Sudaryono. 2021. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Sudjana, D. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Supangat, A. (2019). Ekonomi Mikro: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Erlangga.
Supomo, R., & Nurhayati, E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Yrama Widya.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategik, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif, hingga e-Marketing. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Promosi. Yogyakarta: Andi.
Udin Ahidin. 2020. Pengaruh Harga Dan Kegiatan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Cahaya Electric Di Tangerang. E-MABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1).
Wijaya, Tony. (2018), Manajemen Kualitas Jasa, Edisi Kedua, Jakarta: PT.Indeks
Zakaria. 2021. Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Di Mi Mathlaul Anwar Pamulang. Jurnal ARASTIRMA Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen UNPAM, Vol. 1, No. 2
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2019). What Are Services? (7th ed.). Mc Graw Hi Education.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.