Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Dealer Bintang Motor Honda Ciseeng
Keywords:
Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dealer Bintang Motor Honda Ciseeng baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Kuantitafif Deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling atau suatu penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dilihat orang yang ditemui cocok sebagai sumber data dan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan diperoleh persamaan regresi Y= 0.548 + 0.235 + 0.502. Dan nilai koefisien korelasinya atau tingkat pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat diperoleh sebesar 0.849 artinya memiliki hubungan yang sangat kuat. Uji hipotesis diperoleh nilai > atau (124.803 > 3.090). Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai p value atau < Sig.0,05 atau (0,000 < 0,05). Dengan demikian maka ditolak dan diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Dealer Bintang Motor Honda Ciseeng.
References
Arianus, Henny Armaniah. (2023) Pengaruh Iklan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Dealer Pandawa Lima Plumpang.
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali
Barotut Taqiyah, Afi Rachmat Slamet, Ratna Tri Hardiningtyas. (2022) Pengaruh Harga, Desain Produk, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda (Studi Pada Konsumen Dealer Putra Rinjani Tulungagung)
EllenHoff C. G. Rembang, Djurwati Soepeno, Rudie Y. Lumantow. (2021) Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dealer Yamaha di Kecamatan Wanea di Masa Pandemi Covid-19.
Fadhilah Eka Pravitasari, Husnul Khuluq. (2021) Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dealer Honda Daya Motor Tuban.
George R. Terry. (2018). Prinsip - Prinsip Manajemen. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis regresi linear dengan SPSS. Bandung: Penerbit Pustaka LP3.
Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Penerbit PT Bumi Aksara.
Hawar, D. (2017). Perilaku konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Herry Krisnandi. (2019). Pengantar Manajemen. Jakarta Selatan : LPU-UNAS.
Indrasari, N. K. (2020). Manajemen pemasaran. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Kasmir, (2017). Customer Service Excellent. Teori dan Praktik. PT.Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Kotler & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga; Jakarta.
Kotler & Gary Armstrong. (2019). Principles of Marketing. Penerbit: Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Krisnandi Herry and Efendi, Suryono and Sugiono, Edi (2019). Pengantar Manajemen. Lembaga Penerbitan Universitas UNAS, Universitas Nasional Jakarta.
Kristiano, A. (2019). Kepuasan konsumen: Konsep, teori, dan aplikasinya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Malayu S.P. Hasibuan. (2017) Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.
Mowen, J. C., & Minor, M. J. (2018). Consumer behavior (11th ed.). Penerbit: Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.
Priansah, D. J. (2019). Manajemen pemasaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Rema Mulyani. (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen (Dealer Motor Tunas Honda Sukabumi)
Riche Fermayani, Ash Shadiq Egim, Romi Rianto Harahap. (2021) Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Yamaha Nmax (Studi Kasus Pada PT. Yamaha Tjahaja Baru)
Robbins, Stephen P. and Mary Couter, (2016). Manajemen. Jilid 1 Edisi 13. Alih Bahasa: Bob Sabran dan Devri Bardani p. Erlangga: Jakarta.
Rozi Okta Rizaldi, Bakkareng, Rizka Hadya. (2021) Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT.Honda Gajah Motor Cabang Khatib Sulaiman Kota Padang.
Siti Aprilliani, Ani Meryati. (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dealer Motor Honda Cabang Bintaro Tanggerang Selatan.
Sudarsono, H. (2020). Buku Ajar: Manajemen Pemasaran. Jember: Pustaka Abadi.
Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi Revisi. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, T. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Suhardi. (2018). Pengantar Manajemen dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Thawil, S. M., & Ibrahim, M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT Tanjung Uncang di Kota Batam. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis.
Tjiptono, F. (2016). Service Management Mewujudkan Pelayanan Prima, Edisi 2. Yogyakarta : Andi.
Tjiptono, F. (2017). Serivce Quality and Satisfiation. Edisi Tiga. Jakarta: Andi.
Yohana Yolen Muktisia , Retno Budi Lestari. (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepercayaan, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Dealer Honda Bintang Motor Cabang Poligon Palembang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.