Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS) dan Return on Equity (ROE) Terhadap Harga Saham Pada Sektor Kecantikan yang Terdaftar di BEI Periode 2015 - 2024

Authors

  • Ariyanna Dewi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
  • Muhammad Shafier Aksho Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
  • Salsabilla Aliyah Mahda Putri Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
  • Septianita Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Keywords:

Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), dan Return On Equty (ROE), Harga Saham

Abstract

Industri Kecantikan di Indonesia mengalamai pertumbuhan pesat dengan nilai pasar yang diperkirakan mencapai Rp. 146 triliun pada 2024 dan proyeksi terus meningkat hingga mencapai USS$10 miliar pada 2027, didorong oleh pertumbuhan ekonomi, demografi muda serta meningkatnya kesadaran dan permintaan konsumen terhadap produk kecantikan lokal dan inovatif. Dalam konteks ini, penting untuk memahami bagaimana rasio keuangan seperti Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), dan Return On Equty (ROE) penagaruh ketiga rasio keuangan tersebut terhadap harga saham penting dilakukan untuk memahami bagaimana kinerja profitabilitas dan efisiensi perusahaan dapat mempengaruhi persepsi investor dan nilai pasar sahamnya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis NPM, EPS, dan ROE baik secara persial maupun simultan terhadap harga saham sektor kecantikan yang terdaftra di BEI periode 2015-2024. Penelitian ini dilakukan menggunakan kuantitatif deskriptif dengan data sekunder yang di peroleh dari laporan keuangan PT. Mustika Ratu Tbk., PT.Martina Berto Tbk., dan PT. Unilever Indonesia Tbk., serta data harga saham yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear dan berganda untuk menguji hubungan antara variable indpenden (NPM, EPS, dan ROE) terhadap variable dependen (Harga Saham). Pengujian dilakukan menggunakan alat bantu SPSS.

References

Breiby, M.A. & Slåtten, T. (2018). The role of aesthetic experiential qualities for tourist satisfaction and loyalty. International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research, 12 (1), 1-14.

Schmitt, Berndh H. (2010). Experiential Marketing, How to Get Customer to Sense, Feel, Think, Act, Relate, to Your Company and Brands. New York: The Free Press.

Zietsman, M. L., Mostert, P & Svensson, G. (2019). Perceived price and service quality as mediators between price fairness and perceived value in business banking relationships: A micro-enterprise perspective. International Journal of Bank Marketing, 37 (1), 2-19.

Anjani, M., & Syarif, R. (2019). Pengaruh NPM terhadap Harga Saham. Jurnal Ilmu Ekonomi, 7(2), 102–112.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2018). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Öztürk, M., & Karabulut, T. (2017). The Impact of Profitability Ratios on Stock Prices. International Journal of Economics and Finance Studies, 9(1), 45–58.

Pramisti, V. Y. D., et al. (2020). Analisis EPS terhadap Harga Saham di Sektor Konsumer. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(1), 20–28.

Sorongan, F. A. (2016). Net Profit Margin dan Pengaruhnya Terhadap Harga Saham. Jurnal EMBA, 4(3), 876–885.

Turyanto, & Susilawati, C. (2011). Return On Equity sebagai Determinan Harga Saham. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 50–65.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Dewi, A., Aksho, M. S., Putri, S. A. M., & Septianita. (2025). Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS) dan Return on Equity (ROE) Terhadap Harga Saham Pada Sektor Kecantikan yang Terdaftar di BEI Periode 2015 - 2024. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(2), 2489–2498. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/49548

Similar Articles

<< < 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.