Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Cat Tembok Merek Katalux di PT. Era Mulya Citra Warna Gunung Sindur Bogor Jawa Barat

Authors

  • Sutanto Sutanto Universitas Pamulang
  • Agus Setiawan Universitas Pamulang
  • Mariska Anggraini Universitas Pamulang
  • Ali Maddinsyah Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk secara parsial terhadap minat beli. Untuk mengetahui pengaruh promosi secara parsial terhadap minat beli. Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi secara bersama-sama terhadap minat beli. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat dari penelitian ini adalah asosiatif dengan metode kuesioner atau angket. Populasi didapat sebanyak 497 konsumen PT Era Mulya Cipta dengan menggunakan rumus  slovin didapat sampel sebanyak 83 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai t hitung > t tabel atau 3,738 > 1,664 maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Promosi berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai t hitung > t tabel atau 5,495 > 1,664 maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kualitas produk dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 59,869 > 2,37 artinya Ho ditolak dan Ha diterima maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Promosi dan Minat Beli

References

Aaker, A, 2014. “Manajemen Ekuitas Merek Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merekâ€. Edisi Pertama. Mitra Utama, Jakarta.

Abdul Kadim, K., & Nardi Sunardi, S. (2018). Determinant Of Company’s Likuidity And It's Implications On Financial’s Performance Of Ritail Trade Company’s In Indonesia At The Period Of 2008–2017. Global and Stockhastic Analysis, 5(7), 235-247.

Abdul Kadim, K., & Nardi Sunardi, S. (2018). Determinant Of Company’s Likuidity And It's Implications On Financial’s Performance Of Ritail Trade Company’s In Indonesia At The Period Of 2008–2017. Global and Stockhastic Analysis, 5(7), 235-247.

Abdul Kadim, K., & Nardi, S. (2018). Eviews Analysis: Determinant Of Leverage And Company’s Performance. Global and Stochastic Analysis (GSA), 5(7), 249-260.

Abdul Kadim, K., & Nardi, S. (2018). Eviews Analysis: Determinant Of Leverage And Company’s Performance. Global and Stochastic Analysis (GSA), 5(7), 249-260.

Abdul Kadim, K., Nardi Sunardi, S., Hendro Waryanto, W., Dessy Adelin, A., & Endang Kusmana, K. (2018). The Effects Of Bank Soundness With The RGEC Approach (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital) Of Leverage And Its Implications On Company’s Value Of State Bank In Indonesia For The Period Of 2012-2016. IJER (International Journal of Economic Research), 15(11), 41-52.

Algifari, 2010, “Analisis Regresiâ€, Yogyakarta, 2010.

Alma, Buchori, “Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasaâ€, CV. Alfabetha, Bandung, 2011.

Amirudin, Fatakh. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Casa D’Oro Restaurant Jakartaâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Angipora Marius P. “Dasar-Dasar Pemasaranâ€, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2012.

Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2).

Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(2), 108-119.

Arianto, N., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 2(1), 27-37.

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2012.

Ashari, Taufik. 2014. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Kepada Keputusan Pembelian Pada Sevel Ciputat Tanggerang Selatanâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.

Assegaf. 2016. “Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Astra Autopartsâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Padjajaran.

Astuti, Dwi, Yetti. 2014. “Analisis Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian produk Sanquaâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Diponogoro.

David W.Craven “Strategic Marketingâ€, Mc-Graw Hill International, 2014.

Dharmmesta, Basu Swastha, Handoko, T. Hani. 2013. “Manajemen Pemasaran Analisis Prilaku Konsumenâ€. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.

G.R. Terry, & Rue, Leslie W. Rue, “Dasar-dasar Manajemenâ€, Bumi Aksara, Jakarta 2013.

Ghozali, Imam, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSSâ€, Edisi Kelima, Badan Penerbit Undip, Semarang, 2011

Griffin, Jill. 2012. “Customer Loyalty: How to Earn It, How to Keep Itâ€. Simon and Chuster. Inc. New York.

Hakim, L., Sunardi, N. (2017). Determinant of leverage and it's implication on company value of real estate and property sector listing in IDX period of 2011-2015. Man in India, 97(24), pp. 131-148.

Harfani, Rachmat. 2014. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester 8 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indraprastaâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.

Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.

Hasan, Ali. 2013. “Marketingâ€. Media Utama., Yogyakarta.

Hasibuan, SP, “Dasar-dasar Perbankanâ€, Haji Masagung, Jakarta, 2012.

Hurriyati, Ratih, “Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumenâ€, CV. Alfabetha, Bandung, 2012.

Husain, T., & Sunardi, N. (2020). Firm's Value Prediction Based on Profitability Ratios and Dividend Policy. Finance & Economics Review, 2(2), 13-26.

Kadim, A., Sunardi, N & Husain, T. (2020). The modeling firm's value based on financial ratios, intellectual capital and dividend policy.Accounting, 6(5), 859-870.

Keller dan Amstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta, 2012.

Kotler, Philip, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Keempat belas, PT. Indeks, Jakarta, 2012.

Kotler, Philip, Armstrong, Garry. 2013. “Dasar-Dasar Pemasaranâ€. Alih Bahasa. PT Indeks. Edisi 9, Jakarta.

Kotler, Philip, Keller, Kevin Lane. 2013. “Manajemen Pemasaranâ€. Erlangga. Edisi 13. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat, 2012. “Manajemen Pemasaran Jasaâ€. Edisi Kedua. Salemba Empat, Jakarta.

Marhaeni. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Persatuan Cinereâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.

Nardi Sunardi Et Al (2020). Determinants of Debt Policy and Company’s Performance, International Journal of Economics and Business Administration Volume VIII Issue 4, 204-213

Nardi Sunardi, E. A., Kadim, A., Tumanggor, M., & Oktrima, B. (2018). Effects Of The Bank Soundness With The Rbbr Approach (Risk Base Bank Rating) Of Cost Efficiency And Its Implications On Sharia Bank Performance In Indonesia For The Period Of 2012–2016. International Journal of Economic Research, 15(1).

Noviyanti, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pinjaman Dana Tunai Jaminan Bpkb Pt. Fif Group Cabang Tangerang. Jurnal Semarak, 1(1), 83-91.

Noviyanti, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV Usaha Mandiri Jakarta Selatan. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(2).

Nurkhasanah. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Nokia Di Semarangâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Diponogoro.

Prasetyo, Sigit. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mitra 10 Cabang Bintaroâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang.

Purwaningsih. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Aneka Food Jakartaâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.

Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.

Santoso. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Indolam Industriesâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.

Simamora, Bilson, “Panduan Riset Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2013.

Singgih Santoso, “SPSS Statistik Parametik†Cetakan Kedua, PT. Elek Media, Jakarta, 2012.

Sudjana, “Metode Statistika, Penerbit Tarsito. Bandung. Edisi 6. 2012

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2014.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2012.

Sunardi, N., Hamid, A. A., Lativa, A. K., & Tulus, N. (2018). Determinant Of Cost Efficiency And It's Implications For Companies Performance Incorporated In The Lq. 45 Index Listing In Idx For The Period of 2011-2016. International Journal of Applied Business and Economic Research, 16(1).

Swastha, Bashu dan T. Handoko, “Manajemen Pemasaran Moderenâ€, BPFE, Yogyakarta, 2010..

Syofian Siregar, “Statistika Deskriptif Untuk Penelitianâ€, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, “Serivce Quality and Satisfiationâ€, Edisi tiga, Andi, Jakarta, 2012.

Umar, Husen, “Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta , 2013.

Usmara, “Strategi Baru Manajemen Pemasaranâ€, Amoro book, Yogyakarta, 2013.

Zeithaml & Bitner, “Service Marketingâ€, McGraw Hill Companies, Singapore, 2013.

Downloads

Published

2021-06-19