Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Cat Tembok Merek Katalux di PT. Era Mulya Citra Warna Gunung Sindur Bogor Jawa Barat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk secara parsial terhadap minat beli. Untuk mengetahui pengaruh promosi secara parsial terhadap minat beli. Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi secara bersama-sama terhadap minat beli. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat dari penelitian ini adalah asosiatif dengan metode kuesioner atau angket. Populasi didapat sebanyak 497 konsumen PT Era Mulya Cipta dengan menggunakan rumus slovin didapat sampel sebanyak 83 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai t hitung > t tabel atau 3,738 > 1,664 maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Promosi berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai t hitung > t tabel atau 5,495 > 1,664 maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kualitas produk dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 59,869 > 2,37 artinya Ho ditolak dan Ha diterima maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Promosi dan Minat Beli
References
Aaker, A, 2014. “Manajemen Ekuitas Merek Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merekâ€. Edisi Pertama. Mitra Utama, Jakarta.
Abdul Kadim, K., & Nardi Sunardi, S. (2018). Determinant Of Company’s Likuidity And It's Implications On Financial’s Performance Of Ritail Trade Company’s In Indonesia At The Period Of 2008–2017. Global and Stockhastic Analysis, 5(7), 235-247.
Abdul Kadim, K., & Nardi Sunardi, S. (2018). Determinant Of Company’s Likuidity And It's Implications On Financial’s Performance Of Ritail Trade Company’s In Indonesia At The Period Of 2008–2017. Global and Stockhastic Analysis, 5(7), 235-247.
Abdul Kadim, K., & Nardi, S. (2018). Eviews Analysis: Determinant Of Leverage And Company’s Performance. Global and Stochastic Analysis (GSA), 5(7), 249-260.
Abdul Kadim, K., & Nardi, S. (2018). Eviews Analysis: Determinant Of Leverage And Company’s Performance. Global and Stochastic Analysis (GSA), 5(7), 249-260.
Abdul Kadim, K., Nardi Sunardi, S., Hendro Waryanto, W., Dessy Adelin, A., & Endang Kusmana, K. (2018). The Effects Of Bank Soundness With The RGEC Approach (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital) Of Leverage And Its Implications On Company’s Value Of State Bank In Indonesia For The Period Of 2012-2016. IJER (International Journal of Economic Research), 15(11), 41-52.
Algifari, 2010, “Analisis Regresiâ€, Yogyakarta, 2010.
Alma, Buchori, “Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasaâ€, CV. Alfabetha, Bandung, 2011.
Amirudin, Fatakh. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Casa D’Oro Restaurant Jakartaâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
Angipora Marius P. “Dasar-Dasar Pemasaranâ€, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2012.
Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2).
Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(2), 108-119.
Arianto, N., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 2(1), 27-37.
Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2012.
Ashari, Taufik. 2014. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Kepada Keputusan Pembelian Pada Sevel Ciputat Tanggerang Selatanâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.
Assegaf. 2016. “Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Astra Autopartsâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Padjajaran.
Astuti, Dwi, Yetti. 2014. “Analisis Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian produk Sanquaâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Diponogoro.
David W.Craven “Strategic Marketingâ€, Mc-Graw Hill International, 2014.
Dharmmesta, Basu Swastha, Handoko, T. Hani. 2013. “Manajemen Pemasaran Analisis Prilaku Konsumenâ€. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.
G.R. Terry, & Rue, Leslie W. Rue, “Dasar-dasar Manajemenâ€, Bumi Aksara, Jakarta 2013.
Ghozali, Imam, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSSâ€, Edisi Kelima, Badan Penerbit Undip, Semarang, 2011
Griffin, Jill. 2012. “Customer Loyalty: How to Earn It, How to Keep Itâ€. Simon and Chuster. Inc. New York.
Hakim, L., Sunardi, N. (2017). Determinant of leverage and it's implication on company value of real estate and property sector listing in IDX period of 2011-2015. Man in India, 97(24), pp. 131-148.
Harfani, Rachmat. 2014. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester 8 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indraprastaâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.
Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.
Hasan, Ali. 2013. “Marketingâ€. Media Utama., Yogyakarta.
Hasibuan, SP, “Dasar-dasar Perbankanâ€, Haji Masagung, Jakarta, 2012.
Hurriyati, Ratih, “Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumenâ€, CV. Alfabetha, Bandung, 2012.
Husain, T., & Sunardi, N. (2020). Firm's Value Prediction Based on Profitability Ratios and Dividend Policy. Finance & Economics Review, 2(2), 13-26.
Kadim, A., Sunardi, N & Husain, T. (2020). The modeling firm's value based on financial ratios, intellectual capital and dividend policy.Accounting, 6(5), 859-870.
Keller dan Amstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta, 2012.
Kotler, Philip, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Keempat belas, PT. Indeks, Jakarta, 2012.
Kotler, Philip, Armstrong, Garry. 2013. “Dasar-Dasar Pemasaranâ€. Alih Bahasa. PT Indeks. Edisi 9, Jakarta.
Kotler, Philip, Keller, Kevin Lane. 2013. “Manajemen Pemasaranâ€. Erlangga. Edisi 13. Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat, 2012. “Manajemen Pemasaran Jasaâ€. Edisi Kedua. Salemba Empat, Jakarta.
Marhaeni. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Persatuan Cinereâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.
Nardi Sunardi Et Al (2020). Determinants of Debt Policy and Company’s Performance, International Journal of Economics and Business Administration Volume VIII Issue 4, 204-213
Nardi Sunardi, E. A., Kadim, A., Tumanggor, M., & Oktrima, B. (2018). Effects Of The Bank Soundness With The Rbbr Approach (Risk Base Bank Rating) Of Cost Efficiency And Its Implications On Sharia Bank Performance In Indonesia For The Period Of 2012–2016. International Journal of Economic Research, 15(1).
Noviyanti, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pinjaman Dana Tunai Jaminan Bpkb Pt. Fif Group Cabang Tangerang. Jurnal Semarak, 1(1), 83-91.
Noviyanti, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV Usaha Mandiri Jakarta Selatan. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(2).
Nurkhasanah. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Nokia Di Semarangâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Diponogoro.
Prasetyo, Sigit. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mitra 10 Cabang Bintaroâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang.
Purwaningsih. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Aneka Food Jakartaâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.
Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.
Santoso. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Indolam Industriesâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.
Simamora, Bilson, “Panduan Riset Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2013.
Singgih Santoso, “SPSS Statistik Parametik†Cetakan Kedua, PT. Elek Media, Jakarta, 2012.
Sudjana, “Metode Statistika, Penerbit Tarsito. Bandung. Edisi 6. 2012
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2014.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2012.
Sunardi, N., Hamid, A. A., Lativa, A. K., & Tulus, N. (2018). Determinant Of Cost Efficiency And It's Implications For Companies Performance Incorporated In The Lq. 45 Index Listing In Idx For The Period of 2011-2016. International Journal of Applied Business and Economic Research, 16(1).
Swastha, Bashu dan T. Handoko, “Manajemen Pemasaran Moderenâ€, BPFE, Yogyakarta, 2010..
Syofian Siregar, “Statistika Deskriptif Untuk Penelitianâ€, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, “Serivce Quality and Satisfiationâ€, Edisi tiga, Andi, Jakarta, 2012.
Umar, Husen, “Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta , 2013.
Usmara, “Strategi Baru Manajemen Pemasaranâ€, Amoro book, Yogyakarta, 2013.
Zeithaml & Bitner, “Service Marketingâ€, McGraw Hill Companies, Singapore, 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.