Transportasi Laut Di Masa Depan
Abstract
Transportasi laut merupakan salah satu moda transportasi yang sangat penting dalam dunia perdagangan dan pembangunan nasional suatu bangsa. Dalam masa mendatang, transportasi laut akan semakin penting dalam mendukung kelancaran perdagangan dan mobilitas manusia. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian dan pengembangan terkait transportasi laut di masa mendatang. Beberapa kendala dalam pengembangan transportasi laut antara lain adalah dari aspek muatan, peremajaan armada, permodalan/pembiayaan, dan standarisasi layak laut. Untuk mengatasi kendala tersebut, perlu dilakukan upaya-upaya pengembangan dan peningkatan kualitas transportasi laut, seperti penggunaan teknologi yang lebih canggih, peningkatan kualitas armada, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang terlibat dalam industri pelayaran. Dengan demikian, penelitian dan pengembangan terkait transportasi laut di masa mendatang akan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional. Manusia purba diperkirakan mulai menggunakan perahu sejak zaman prasejarah. Perahu-perahu awal terbuat dari kayu, kulit hewan, atau bahan-bahan organik lainnya. Perahu memungkinkan manusia untuk berlayar melintasi perairan dan menjelajahi wilayah yang lebih luas. Transportasi laut telah menjadi tulang punggung perdagangan internasional selama berabad-abad. Rute-rute perdagangan maritim yang terkenal, seperti Jalur Sutra dan Rute Maritim Lintas Samudera Hindia, menghubungkan berbagai peradaban dan memfasilitasi pertukaran barang, ide, dan budaya di antara mereka. Transportasi laut telah memungkinkan penjelajahan dan eksplorasi dunia yang luas. Pelayaran penjelajahan oleh pelaut-pelaut terkenal, seperti Christopher Columbus, Vasco da Gama, dan James Cook, membuka pintu bagi penemuan wilayah baru, perluasan pengetahuan geografis, dan pembentukan koloni-koloni baru. Pada abad ke-19, revolusi industri memicu kemajuan besar dalam teknologi transportasi laut. Kapal uap mulai menggantikan kapal layar tradisional, memungkinkan perjalanan yang lebih cepat dan lebih efisien. Hal ini membuka era transportasi laut modern yang lebih terorganisir dan terintegrasi. Pada pertengahan abad ke-20, kapal kontainer muncul sebagai inovasi penting dalam transportasi laut. Penggunaan kontainer standar yang dapat diangkut dengan mudah dari kapal ke kapal dan dari kapal ke darat mempercepat proses bongkar muat dan mengurangi biaya transportasi. Ini memberikan dorongan besar bagi perdagangan internasional dan pertumbuhan ekonomi global. Teknologi dan efisiensi: Perkembangan teknologi dalam transportasi laut terus berlanjut. Kapal-kapal modern dilengkapi dengan teknologi navigasi canggih, sistem pemantauan, dan mesin yang lebih efisien. Penggunaan energi terbarukan, seperti kapal listrik atau kapal tenaga surya, juga sedang dieksplorasi untuk mengurangi dampak lingkungan transportasi laut.
Keyword: Masa Depan Pelayaran; Otomasi dan Teknologi; Transportasi Maritim
References
Dharma Negara, S., & Basu Das, S. (2017). Challenges for Indonesia to achieve its Maritime Connectivity Plan and Leverage on Regional Initiatives. http://english.gov.cn/beltAndRoad/
Iman, N., Amanda, M. T., & Angela, J. (2022). Digital transformation for maritime logistics capabilities improvement: cases in Indonesia. Marine Economics and Management, 5(2), 188–212. https://doi.org/10.1108/maem-01-2022-0002
Psaraftis, H. N. (2021). The Future of Maritime Transport. In International Encyclopedia of Transportation (pp. 535–539). Elsevier. https://doi.org/10.1016/b978-0-08-102671-7.10479-8
SISWOYO, B. (2018a). Kebutuhan Pengembangan Pelabuhan Laut Jailolo Halmahera Barat. Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 19(1), 14–24. https://doi.org/10.25104/transla.v19i1.347
Bayu (2018). Peningkatan Perawatan Ship’s Crane Guna KelancaranPelaksanaan Proses Bongkar Muat di MV, Bara Anugerah. Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 19(1), 14–24. https://repository.pip-semarang.ac.id/640/9/15
Syafril, S. (2018). Pemberdayaan Pelayaran Rakyat Dilihat Dari Karakteristiknya. Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 20(1), 1–14. https://doi.org/10.25104/transla.v20i1.792
Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.
Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.
Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.
Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.
Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.
Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.
Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.
Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.
Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.
Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.
Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.
Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.
Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.
Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.
Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.
Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.
Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.
Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.
Ishak, Y. (2017). Challenges for Indonesia to achieve its Maritime Connectivity Plan and Leverage on Regional Initiatives. ISSUE: 2017, No. 3, ISSN 2335-6677
Shekhar, V and Chinyong, J. (2014). Indonesia as a Maritime Power: Jokowi’s Vision, Strategies, and Obstacles Ahead. Brookings Article
Umbach, F. (2018). Indonesian moves to assert its maritime interests. ECONOMY
Sukaesih, M (2015). Opportunities and Challenges in the maritime sector. The Jakarta Pos
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.