Analisis SWOT Pada Rumah Sakit (Studi Literatur ManajemenStrategik)

Authors

  • Fika Rahmawati Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Sri Widodo

Abstract

Riset yang relevan sangat penting dalam suatu kajian ilmiah. Riset yang relevan tersebut berfungsi untuk  memperkuat  teori  dan  fenomena  hubungan  atar  pengaruh  antar variabel.  Artike  ini  akan mereview analisis swot pada rumah sakit. SWOT yaitu strengths (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (peluang) dan threats (ancaman) yang termasuk ke dalam studi literatur Manajemen Strategik. Hasil literatur review adalah : 1. Strategi SWOT dipilih adalah strengths dan threats untuk mendukung tercapainya tujuan dari perusahaan yaitu strategi kompetitif. 2. Strategi SWOT yang digunakan dalam meningkatkan kunjungan di IGD RS Fathma Medika Gresik adalah growth strategi. Hasil analisis SWOT di RSU Lirboyo Kota Kediri dapat digunakan sebagai rancangan mengenai gambaran instansi kesehatan yang lebih maju dan berkembang dengan memanfaatkan lingkungan internal dan eksternal sehingga dapat meminimalisir kelemahan dan tantangan yang ada. 4. Hasil analisis stretegi sistem teknologi informasi dengan pendekatan analisis swot di RS Mata Cicendo Bandung yaitu membutuhkan pemetaan strategi teknologi informasi agar dapat lebih memgembangkan Rumah Sakit Mata Cicendo dengan lebih baik.

Kata kunci: SWOT, Strategi Teknologi Informasi, Lingkungan Internal dan Eksternal

References

Devung, Sakira Aditya. (2022) Makalah Manajemen Stratejik Analisa Swot Menurut Strategi Rumah Sakit. Universitas Bhakti Wiyata Kediri.

IL,Insani. (2021). Strategi Ketahanan Informasi Dalam Melawan “Infodemik†Di Covidkan Rumah Sakit Saat Pandemi Covid-19 Jurnal Lemhannas RI.

Juwono,O., (2011), Analisis Manajemen Strategik Perusahaan Waralaba (Franchise) Studi Kasus Di Restoran Cepat Saji Mcdonald’s.

Kamajaya, Nyoman Aryaguna Pramana, (2022). Makalah Manajemen Strategik Model Dan Implementasi Analisa Lingkungan Internal Dan Eksternal Rumah Sakit, Universitas Bhakti Wiyata Kediri.

Lestari,Ambar,Sri. (2019). Penerapan Manajemen Strategik Dengan Analisis Swot Pada SMPN4 Kendari, Jurnal Islamic Education Manajemen Vol 4 No 1, Bandung

Mahfud,Mohamad Harisudin, (2019). Metode Penentuan Faktor-Faktor Keberhasilan Penting Dalam Analisis Swot vol 8 no 2 jurnal ilmu pertanian. UNS Surakarta.

Nisak, Zuhrotun. (2014). Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif, Gresik

Nurhayati Sri, (2009). Analisis Strategi Sistem Teknologi Informasi Dengan Pendekatan Analisis Swot

Cipta Sari Dan Anas Lutfi, (2018). Formulasi Rumah Sakit Puri Mandiri Kedoya Melalui Pendekatan Analisis Swot Untuk Menghadapi Diberlakukannya Bpjs Kesehatan Vol 2 No 5. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan. Jakarta

Nurika Amaliah Studi Kasus: Divisi IT Rumah Sakit Mata Cicendo). Bandung

Nuria.,Yennike Tri Herawati, Dan Eri Witcahyo.(2017). Analisis Swot Di Instalasi Gawat Darurat (Igd) Rumah Sakit Fathma Medika Gresik Untuk Meningkatkan Kunjungan Tahun 2016 Vol 5 No 2. Jurnal Pustaka Kesehatan. Jember

Putu Rani Susanthi, (2017) Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal Dalam Mencapai Tujuan Perusahaan (Studi Kasus Stie Galileo Batam) Vol 1 No 1 Jurnal Elektronik Manajemen Dan Akuntansi. Batam

Ramadhan, Zidan Syrafiq Dan Iriani, Yani. (2022). Analisis Pemanfaatan Manajemen Strategis Menggunakan Analisis Swot Pada PT. Parahyangan Gold Bandung Vol 2 No 2, Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, Universitas Widyatama

Reny Nugraheni Dan Gerardin Ranind Kirana. (2019). Analisis Swot PelayananKesehatan Rumah Sakit Umum Lirboyo Kota Kediri Vol 9 No 2 Hal 115-122. Kediri

Rino Ariyanto Akhmad, Atin Chusniyah, Heldy Ramadhan Putra, (2023), Analisis LingkunganInternal Dan Eksternal Vol 2 No 2 Jurnal Ilmiah Multidisiplin. Surakarta

Wardhani, Dewi Pratesya Aulia Dan Sugandi, Mohamad Syahriar. (2021). Strategi Komunikasi Dalam Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Online Di Rsud Prof. Dr. Margono Soekarjo VOL 15 NO 2. Purwokerto.

Yanuar, Ragilang., Gema. (2022). Makalah Manajemen Stratejik Analisa Swot Menurut Strategi Rumah Sakit. Kediri

Zulfa Ismaniar Fauzi, Jhonson P Sihombing, Ahmad Purnawarman Faisal Dan Indah Permata Sari Laia. (2022). Pengaruh Strategi Pengembangan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Dengan Metode Swot (Studi Literatur). Jurnal Ilmiah Pannmed Vol 12 No 2. Politeknik Kesehatan Kementrian

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-12