PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA DENGAN PRESTASI KERJA GURU PADA YAYASAN PENDIDIKAN AL-HIDAYAH CIPUTAT – KOTA TANGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/skr.v7i1.4557Abstract
ABSTRAK-Prestasi kerja merupakan salah satu indikator keberhasilan suatuinstansi/lembaga dalam mencapai tujuannya. Sementara itu, prestasi kerja tidak bersifat independen. Keberadaannya sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi kerja, lebih tepatnya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat pendidikan dan motivasi kerja terhadap prestasi kerja guru pada sekolah-sekolah milik Yayasan Pendidikan Al-Hidayah, Ciputat dengan tingkat pendidikan dan motivasi kerja sebagai variabel bebas dan prestasi kerja guru sebagai variabel terikat. Penelitian dan pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara dan studi dokumen. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dan penganalisisan data menggunakan teknik korelasi. Selanjutnya, secara perhitungan statistik, penulis ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh antara tingkat pendidikan (X1) dan motivasi kerja (X2) sebagai variabel bebas dengan prestasi kerja (Y) sebagai variabel terikat. Kemudian, data yang dikumpulkan dianalisis dengan perhitungan statistik atas kebenaran hipotesis yang diajukan. Adapun hipotesis yang penulis ajukan dalam laporan ini sebagai berikut : 1. Terdapat pengaruh yang positif antara tingkat pendidikan dengan prestasi kerja guru. 2. Terdapat pengaruh yang positif antara motivasi kerja guru dengan prestasi kerja guru. 3. Terdapat pengaruh yang positif antara tingkat pendidikan dan disiplin guru secara bersama-sama dengan prestasi kerja guru. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan pengujian statistik yang dilakukan antara variabel bebas dan variabel terikat menunjukkan pengaruh yang signifikan. Pengaruh yang signifikan tersebut adalah pengaruh antara tingkat pendidikan dan motivasi kerja dengan prestasi kerja guru pada Yayasan Pendidikan Al-Hidayah, Ciputat, Tangerang Selatan. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan terbukti kebenarannya dan dapat dinyatakan bahwa tingkat pendidikan dan motivasi kerja yang baik dapat meningkatkan prestasi kerja guru yang baik pula.
Kata Kunci: Pendidikan, Motivasi, Prestasi Kerja
ABSTRACT-Work performance is one of the success indicators an institution/ organization has in achieving its goals. Meanwhile work performance is not independent. It is influenced by many factors. Therefore this research is written with the aim to understand factors that influence teacher’s work performance, especially to what extend the impact of education level and work motivation as free variable, with that of work performance as bound variable for teachers at the schools that are run by Al-Hidayah education foundation in Ciputat. Research and data collection were implemented by questionnaires, interviews and reviewing documents. The data was analyzed with correlation techniques and presented descriptive. In addition, the authors want to know statistically if there is any influence between level of education (XI) and
work motivation (X2) as free variable, with work performance (Y) as bound variable. This statistical analysis was conducted to test the hypothesis that the authors proposed as follow: 1. There is a positive influence between teacher’s level of education with work performance. 2. There is a positive influence between teacher’s work motivation with work performance 3. There is a positive influence between teacher’s level of education and work motivation together with the teacher’s work performance. The authors’ research has proven that the analytical results with statistical test conducted between free and bound variables shows a significant influence. The most significant influence is between teacher’s level of education and work motivation with work performance at Al- Hidayah education foundation Ciputat, South Tangerang. The result confirmed the above hypothesis, it is true that the level of education and good work motivation can also increase teacher’s work performance.
Key Words: Education, Motivation, Work performance
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka ).
JURNAL SEKRETARI: memiliki lisensi CC-BY-SA atau yang setara sebagai lisensi optimal untuk publikasi, distribusi, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Dalam mengembangkan strategi dan menetapkan prioritas, JURNAL SEKRETARI: Jurnal Sekretaris menyadari bahwa akses bebas lebih baik daripada akses berbayar, akses gratis lebih baik daripada akses gratis, dan libre di bawah CC-BY-SA atau yang setara lebih baik daripada libre di bawah kondisi terbuka yang lebih ketat. lisensi. Kita harus mencapai apa yang kita bisa ketika kita bisa. Kita tidak boleh menunda mencapai kebebasan untuk mencapai libre, dan kita tidak boleh berhenti pada kebebasan ketika kita bisa mencapai libre.