PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA DENGAN PRESTASI KERJA GURU PADA YAYASAN PENDIDIKAN AL-HIDAYAH CIPUTAT – KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Nani Nuraini Sarah
  • Lilian Nilam

DOI:

https://doi.org/10.32493/skr.v7i1.4557

Abstract

ABSTRAK-Prestasi kerja merupakan salah satu indikator keberhasilan suatuinstansi/lembaga dalam mencapai tujuannya. Sementara itu, prestasi kerja tidak bersifat independen. Keberadaannya sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi kerja, lebih tepatnya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat pendidikan dan motivasi kerja terhadap prestasi kerja guru pada sekolah-sekolah milik Yayasan Pendidikan Al-Hidayah, Ciputat dengan tingkat pendidikan dan motivasi kerja sebagai variabel bebas dan prestasi kerja guru sebagai variabel terikat. Penelitian dan pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara dan studi dokumen. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dan penganalisisan data menggunakan teknik korelasi. Selanjutnya, secara perhitungan statistik, penulis ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh antara tingkat pendidikan (X1) dan motivasi kerja (X2) sebagai variabel bebas dengan prestasi kerja (Y) sebagai variabel terikat. Kemudian, data yang dikumpulkan dianalisis dengan perhitungan statistik atas kebenaran hipotesis yang diajukan. Adapun hipotesis yang penulis ajukan dalam laporan ini sebagai berikut : 1. Terdapat pengaruh yang positif antara tingkat pendidikan dengan prestasi kerja guru. 2. Terdapat pengaruh yang positif antara motivasi kerja guru dengan prestasi kerja guru. 3. Terdapat pengaruh yang positif antara tingkat pendidikan dan disiplin guru secara bersama-sama dengan prestasi kerja guru. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan pengujian statistik yang dilakukan antara variabel bebas dan variabel terikat menunjukkan pengaruh yang signifikan. Pengaruh yang signifikan tersebut adalah pengaruh antara tingkat pendidikan dan motivasi kerja dengan prestasi kerja guru pada Yayasan Pendidikan Al-Hidayah, Ciputat, Tangerang Selatan. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan terbukti kebenarannya dan dapat dinyatakan bahwa tingkat pendidikan dan motivasi kerja yang baik dapat meningkatkan prestasi kerja guru yang baik pula.

 

Kata Kunci: Pendidikan, Motivasi, Prestasi Kerja

 

 

ABSTRACT-Work performance is one of the success indicators an institution/ organization has in achieving its goals.  Meanwhile work performance is not independent. It is influenced by many factors. Therefore this research is written with the aim to understand factors that influence teacher’s work performance, especially to what extend the impact of education level and work motivation as free variable, with that of work performance as bound variable for teachers at the schools that are run by Al-Hidayah education foundation in Ciputat. Research and data collection were implemented by questionnaires, interviews and reviewing documents.  The data was analyzed with correlation techniques and presented descriptive. In addition, the authors want to know statistically if there is any influence between level of education (XI) and


 
 

work motivation (X2) as free variable, with work performance (Y) as bound variable.  This statistical analysis was conducted to test the hypothesis that the authors proposed as follow: 1. There is a positive influence between teacher’s level of education with work performance. 2. There is a positive influence between teacher’s work motivation with work performance 3. There is a positive influence between teacher’s level of education and work motivation together with the teacher’s work performance. The authors’ research has proven that the analytical results with statistical test conducted between free and bound variables shows a significant influence. The most significant influence is between teacher’s level of education and work motivation with work performance at Al- Hidayah education foundation Ciputat, South Tangerang. The result confirmed the above hypothesis, it is true that the level of education and good work motivation can also increase teacher’s work performance.

 

Key Words: Education, Motivation, Work performance

Downloads

Published

2020-06-26

How to Cite

Sarah, N. N., & Nilam, L. (2020). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA DENGAN PRESTASI KERJA GURU PADA YAYASAN PENDIDIKAN AL-HIDAYAH CIPUTAT – KOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.32493/skr.v7i1.4557

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.