ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN HARGA JUAL TERHADAP OMSET PENJUALAN INDUSTRI PERUMAHAN (Studi Kasus : PT JAYA REAL PROPERTY, TBK., BINTARO JAYA).

Authors

  • Edi Junaedi

DOI:

https://doi.org/10.32493/skr.v2i1.625

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh biaya promosi dan harga jual terhadap omset penjualan industri perumahan (studi kasus: PT. Jaya Real Property, Tbk. Bintaro Jaya). Data dalam  penelitian  ini ditentukan langsung yaitu Perumahan Bintaro Jaya yang dikembangkan oleh PT Jaya Real Property Tbk. Jenis data yang diperoleh penulis adalah data primer dan data sekunder. Variabel bebas dari penelitian ini adalah biaya promosi dan harga jual, sedangkan variabel terikatnya adalah omset penjualan. Perhitungan data dilakukan dengan analisis korelasi, analisis regresi dan metode koefisien determinasi. Variabel promosi (X1) berpengaruh positif yang sangat signifikan terhadap omset penjualan rumah (Y)  dengan nilai koefisien regresi r = + 0,79. Variabel harga jual (X2) juga berpengaruh positif yang signifikan terhadap omset penjualan rumah (Y)  dengan nilai koefisien  r = + 0,74. Biaya promosi dan harga jual secara bersama-sama berpengaruh positif yang signifikan terhadap omset penjualan rumah  dengan nilai koefisien korelasi r = + 0,74. hal ini berarti semakin tinggi biaya promosi (frekuensi iklan, pameran dan lain-lain semakin banyak) dan harga jual naik (dengan kenaikan harga yang relatif kecil dan kualitas produk naik) maka omset penjualan semakin tinggi pula.

Hasil penelitian ini disarankan bahwa dalam melakukan kebijakan penetapan biaya promosi, perusahaan harus tetap memperhatikan tingkat budget promosi yang tepat dan optimal, pemilihan media promosi yang tepat, membuat program-program promosi yang menarik calon konsumen, sehingga diharapkan dapat meningkatkan omset penjualan, dan untuk melakukan kebijakan penetapan harga jual perusahaan harus tetap memperhatikan tingkat harga jual para pesaingnya, meningkatkan efisiensi dan menetapkan harga seoptimal mungkin.

Kata kunci: Biaya promosi, harga jual dan omset penjualan

Downloads

Published

2017-09-16

How to Cite

Junaedi, E. (2017). ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN HARGA JUAL TERHADAP OMSET PENJUALAN INDUSTRI PERUMAHAN (Studi Kasus : PT JAYA REAL PROPERTY, TBK., BINTARO JAYA). Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 2(1), 27. https://doi.org/10.32493/skr.v2i1.625

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.