ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN HARGA JUAL TERHADAP OMSET PENJUALAN INDUSTRI PERUMAHAN (Studi Kasus : PT JAYA REAL PROPERTY, TBK., BINTARO JAYA).
DOI:
https://doi.org/10.32493/skr.v2i1.625Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh biaya promosi dan harga jual terhadap omset penjualan industri perumahan (studi kasus: PT. Jaya Real Property, Tbk. Bintaro Jaya). Data dalam penelitian ini ditentukan langsung yaitu Perumahan Bintaro Jaya yang dikembangkan oleh PT Jaya Real Property Tbk. Jenis data yang diperoleh penulis adalah data primer dan data sekunder. Variabel bebas dari penelitian ini adalah biaya promosi dan harga jual, sedangkan variabel terikatnya adalah omset penjualan. Perhitungan data dilakukan dengan analisis korelasi, analisis regresi dan metode koefisien determinasi. Variabel promosi (X1) berpengaruh positif yang sangat signifikan terhadap omset penjualan rumah (Y) dengan nilai koefisien regresi r = + 0,79. Variabel harga jual (X2) juga berpengaruh positif yang signifikan terhadap omset penjualan rumah (Y) dengan nilai koefisien r = + 0,74. Biaya promosi dan harga jual secara bersama-sama berpengaruh positif yang signifikan terhadap omset penjualan rumah dengan nilai koefisien korelasi r = + 0,74. hal ini berarti semakin tinggi biaya promosi (frekuensi iklan, pameran dan lain-lain semakin banyak) dan harga jual naik (dengan kenaikan harga yang relatif kecil dan kualitas produk naik) maka omset penjualan semakin tinggi pula.
Hasil penelitian ini disarankan bahwa dalam melakukan kebijakan penetapan biaya promosi, perusahaan harus tetap memperhatikan tingkat budget promosi yang tepat dan optimal, pemilihan media promosi yang tepat, membuat program-program promosi yang menarik calon konsumen, sehingga diharapkan dapat meningkatkan omset penjualan, dan untuk melakukan kebijakan penetapan harga jual perusahaan harus tetap memperhatikan tingkat harga jual para pesaingnya, meningkatkan efisiensi dan menetapkan harga seoptimal mungkin.
Kata kunci: Biaya promosi, harga jual dan omset penjualan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka ).
JURNAL SEKRETARI: memiliki lisensi CC-BY-SA atau yang setara sebagai lisensi optimal untuk publikasi, distribusi, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Dalam mengembangkan strategi dan menetapkan prioritas, JURNAL SEKRETARI: Jurnal Sekretaris menyadari bahwa akses bebas lebih baik daripada akses berbayar, akses gratis lebih baik daripada akses gratis, dan libre di bawah CC-BY-SA atau yang setara lebih baik daripada libre di bawah kondisi terbuka yang lebih ketat. lisensi. Kita harus mencapai apa yang kita bisa ketika kita bisa. Kita tidak boleh menunda mencapai kebebasan untuk mencapai libre, dan kita tidak boleh berhenti pada kebebasan ketika kita bisa mencapai libre.