MODEL TUDANG SIPULUNG DALAM MENGENDALIKAN PERILAKU DAN KEPERCAYAAN MAHASISWA

Authors

  • Yunus Universitas Pamulang
  • Endah Mawarny

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menggali konsep pendidikan dengan model tudassipulung (duduk bersama). Hal dilihat dari penilaian 5 (lima) aspek yaitu sikap, minat, konsep diri, nilai, dan moral dengan 5 tingkatan, yaitu: a) receiving, pada tingkat receiving atau attending, diketahui dengan adanya beberapa indikator yaitu kesadaran, keinginan menerima, perhatian yang terkontrol dan terseleksi pada diri peserta didik; b) responding, pada tingkat responding ini diketahui dengan adanya beberapa indikator yaitu adanya pemerolehan respon, keinginan untuk merespon, dan kepuasan dalam memberi respon dalam diri peserta; c) valuing, tahap ini terkait dengan penentuan nilai dan sikap yang menunjukkan komitmen mahasiswa; d) organization, pada tingkatan mahasiswa mulai membuat konseptualisasi nilai dan organisasi sistem nilai yang konsisten; dan e) characterization, tahap ini merupakan tahap tertinggi dalam penilaian afektif, dimana mahasiswa memiliki dua poin penting, yaitu sistem nilai yang mengendalikan perilaku dan kepercayaan, ide, dan perilaku yang terintegrasi dalam totalitas pandangan hidupnya.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Yunus, & Endah Mawarny. (2022). MODEL TUDANG SIPULUNG DALAM MENGENDALIKAN PERILAKU DAN KEPERCAYAAN MAHASISWA. Tadris: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 65–79. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Tadris/article/view/41264

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.