This is an outdated version published on 2024-11-30. Read the most recent version.

Model Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Kemasyarakatan Islam di Era Society 5.0

Authors

  • Septian Arief Budiman Universitas Pamulang
  • Fil Isnaeni Universitas Pamulang

Keywords:

Kemasyarakatan Islam, Era Society 5.0

Abstract

Pendidikan islam pada saat ini dihadapkan pada tantangan yang sangat besar, belum usai dengan bergulirnya era industri 4.0, kita dikejutkan lagi dengan munculnya society 5.0 yang  harus dihadapi dan  menjadi tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tantangan pendidikan islam dalam menghadapi society  5.0.  Penelitian  ini  adalah  menggunakan  studi  pustaka.  Dalam  teknik pengumpulan data penulis akan mengeksplorasi data sesuai dengan pembahasan mengenai tantangan pendidikan Islam dalam menghadapi society 5.0.  Hasil penelitian: 1). Pendidikan Islam harus memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah,  Kemampuan untuk bisa berfikir secara kritis, dan Kemampuan untuk  berkreativitas dalam menghadapi  tantangan yang ditimbulkan dari munculnya era society 5.0. 2). Pendidikan Islam dalam menghadapi era society 5.0 harus tersedianya sumberdaya yang memadai dalam dunia pendidikan seperti guru, dosen maupun tenaga pendidikan lainnya.  

References

Daradjat Zakiah (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewey John. (1964). Democracy and Education: An Introduction to The Philosophy of Education. New York: The Macmillan Company.

Fadjar A. Malik. (1999). Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia. https://www.qureta.com/post/masyarakat-baru-5-o , di akses tanggal 10 Oktober 2019

Jalaludin. (2010). Psikologi Agama. Jakarta :Rajawali Pres.

Arifin. (2009). Ilmu Pendidika Islam TInjauan Teoritis dan Ppaktis berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta :Bumi Aksara.

Majid Abdul dan Dian Andayani. (2005). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi; Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manna’ Khalil al-Qat ṭt ṭan, Mabahis fi ‘Ulumil Qur’an, Terj. Mudzakir As,Studi Ilmu-Ilmu Alquran, Jakarta: PT. Pustaka Litera Antar Nusa. 2007.

Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munardji. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bina Ilmu.

Nizar Samsul. (2001). Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Gramedia Pratama.

Polya, G. (1973). How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press,

Purwanto M. Ngalim. (1998). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rojko Andreja. (2017). Industry 4.0 Concept: Background and Overview. ECPE European Center for Power Electronics e.V. Vol. 11. Nuremberg, Germany.

Tafsir Ahmad. (2001). Ilmu Pendidikan Dalam Persspetif Islam. Bandung : Remaja Rosdakarya.

----------. (2010). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung : Remaja Rosdda karya.

Semiawan, Conny R. (1999). Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Soleha dan Rada. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung : Alfabeta.

Published

2024-11-30 — Updated on 2024-11-30

Versions

How to Cite

Arief Budiman, S., & Isnaeni, F. (2024). Model Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Kemasyarakatan Islam di Era Society 5.0. Tadris: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 47–54. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Tadris/article/view/45232

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.