Kemampuan Mahasiswa Dalam Presentasi Melalui Perlakuan Pembatasan

Authors

  • Aeng Muhidin Universitas Pamulang

Keywords:

Presentasi, Kertas Catatan, Mahasiswa.

Abstract

Presentasi merupakan bagian integral dari pembelajaran di perguruan tinggi. Microsoft Powerpoint dan lain sejenisnya memberikan peluang kepada mahasiswa untuk membuat sajian teks yang dipersiapkan sepenuhnya. Beberapa usulan saran untuk memperbaiki slide presentasi teks. Kajian literatur mengidentifikasi kurangnya penelitian yang membahas transfer teks slide saat diterapkan pembatasan teks pada slide presentasi mahasiswa. Artikel ini membahas dampak persepsi mahasiswa tentang persiapan dan kualitas presentasi saat diterapkan pembatasan teks pada slide dan kertas catatan. Temuan ini muncul dari survei deskriptif yang membahas persepsi mahasiswa tentang presentasi kelas mereka ketika pembatasan teks diberlakukan baik dalam hal visualisasi presentasi maupun pada kertas catatan untuk presentasi akhir mata kuliah Metode Penelitian.

Author Biography

Aeng Muhidin, Universitas Pamulang

Saya lahir di Rangkasbitung, 21 Oktober 1982, menyelesaikan penddiikan menengah tahun 1999 dan mendaftarkan di UNJ pada tahun 2000. Menyelesaikan pendidikan sarjana di Program Studi S1 Pendidikan Sejarah pada tahun 2008. Selanjutnya, mendaftarkan diri di Pascasarjana UNJ pada tahun 2009, dan lulus tahun 2011. Kini bekerja sebagai dosen tetap di Universitas Pamulang pada Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewargenaraan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Cyphert, Dale (2004). The Problem of PowerPointâ„¢: Visual aid or visual rhetoric?, Business Communication Quarterly, 67(1), 80-84.

Duarte, nancy (2008). Slideology: The art and science of creating great presentation, North Sebastopol, California: O’Reilly Media Inc.

Felder, R.M. & Brent, R. (2006, January). Death by Powerpoint. In Tomorrow Professor#689, from tommorows-proefessor@list.stanford.edu.

Katt, James, Murdock, Jennifer, Butler, Jeff and Pryor, Burt (2008). Establishing Best Practices for the Use of PowerPointâ„¢ as a Presentation Aid, Human Communication, 11(1), 193-200.

Kinchin, I. (2006). Providing the instructors notes: An effective addition to student note taking. Educational Psychologist, 20, 33-39.

Kunkel, K.R. (2004). A research note assessing the benefit presentation software in two different lecture course. Teaching Sociology, 32, 188-196.

Pratt, Cornelius B. (2003). The Misuse of PowerPointâ„¢, Public Relations Quarterly, 48(3), 20-24.

Renfrow, Donata and Impars, James C. (1989). Making Academic Presentations: Effectively!, Educational Researcher, 18(2), 20-21.

Reynolds, Garr (2011). The Naked Presenter: Delivering powerful presentations with or without slides, Berkeley, CA: New Riders.

Reynolds, Garr (2012). Presentation Zen: Simple ideas on presentation design and delivery, 2 ed, Berkeley, CA: New Riders.

Downloads

Published

2018-07-03