PELATIHAN MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN WONDERSHARE FILMORA PADA GURU-GURU SEKOLAH ALIA ISLAMIC SCHOOL TANGERANG

Authors

  • Meidy Fajar Wahyu Universitas Pamulang
  • Amin Hidayat Universitas Pamulang
  • Lely Andriyanto Universitas Pamulang
  • Nanang Nanang Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

Pada zaman sekarang ini, dunia sedang terkena musibah virus yang dinamakan Virus Covid19. Efek dari musibah ini banyak sektor usaha terkena dampaknya, seperti tranportasi, perdagangan makanan dan minuman, serta Pendidikan juga terkena dampaknya. Maka dengan ini teknologi dalam bidangan informatika terus dikembangkan agar bisa melakukan penyesuaian terkait musibah covid19. Kegiatan pengabdian kegiatan masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengarahan dalam membuat media pembelajaran yakni media pembelajaran berbasis video untuk guru-guru sekolah Alia Islamic School. Pada kenyataannya, media pembelajaran belum sepenuhnya digunakan oleh para guru-guru terkait memakai dan memanfaatkan teknologi. Pada kasus ini kita bisa mempelajari hal-hal yang menjadi faktor para perserta didik agar mudah dalam metode pengajaran dan pembelajaran online. Pengembangan media video pembelajaran berbantu wondershare filmora yang dapat diaplikasikan untuk pembelajaran terhadap guru-guru ALIA Islamic school. Pengembangan pembelajaran akan dilakukan beberapa tahapan, seperti analisis kebutuhan, desain video, pengembangan data, serta implementasi dalam pembuatan video.

Kata kunci: Pendidikan, Pengabdian, Aplikasi, Video, Guru-Guru

Author Biographies

Amin Hidayat, Universitas Pamulang

Teknik Informatika

Lely Andriyanto, Universitas Pamulang

Teknik Informatika

Nanang Nanang, Universitas Pamulang

Teknik Informatika

References

DAFTAR PUSTAKA

Bouato, Y., Lihawa, F., & Rusiyah, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Yang Diintegrasikan dengan Wondershare Filmora pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal. P-ISSN: 2721-7000 | E-ISSN: 2721-7019. Volume 1 Nomor 2, September 2020, 71-79.

Haifa, H. N. (2020). Penerapan Model Poe2we Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Fisika dengan Bantuan Aplikasi Filmora sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan kognitif dan Psikomotor Siswa. https://osf.io/qmka8/. License: CC-By Attribution

0 International.

Sugiyanto, R., utami, S., & Andi T. A. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Vido untuk Guru Sekolah Dasar Kota Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat volume 2 No. 2 November 2018.

Mega, M. C., Widi, D. R., & Pipit, R. A. (2020). Penerapan Video Promosi Menggunakan Aplikasi Filmora pada Peternak Kambing di Malang. JPM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang. Vol. 1, No. 1, Mei 2020, pp. 19-23.

Mursito, D., Abdul, H. S., & Ida, N. S. (2018). Pengembangan E-vocational sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Program CAD 2D dengan Materi Membuat Denah dan Tampak Rumah Tinggal. IJCEE Vol. 4 No. 2 Desember 2018, Hal 40-59. ISSN

-2931.

Santosa E., Kiswoyo. (217). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantu Wondershare Filmora Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Kompetensi Guru dan Menulis Deskripsi Siswa Kelas 3. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2017. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakuktas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, 9 Desember 2017. ISBN : 978 602 096080 7.

Nurpavitra, D., Sudjanarti, D. (2019). Pembuatan Iklan Video Di Sosial Media Menggunakan Aplikasi Wondershare Filmora Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toki Food Malang. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol. 5 No. 1, Juni 2019. E-ISSN : 2407-

ISSN : 2407-3741.

Nana, (2018). Implementasi Model POE2WE Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Gerak Lurus Di SMA. Seminar Nasional Pendidikan Sains. “Mengintegrasikan Nature dan Nurture untuk Memberdayakan HOTS di Era

Disrupsiâ€. Surakarta, 27 Oktober 2018.

Downloads

Published

2022-01-29