PELATIHAN PEMBUATAN DESAIN DENGAN PEMANFAATAN APLIKASI CANVA UNTUK KEGIATAN OSIS PADA SMP NEGERI 25 DEPOK
Abstract
Adanya kemajuan teknologi informasi yang terus berkembang berkat inovasi yang berkelanjutan dari kehidupan manusia yang modern dengan berjalannya waktu, dan hampir mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia. Terkait dalam segi desain grafis, adalah seni keahlian dalam menyusun dan merancang unsur visual menjadi informasi yang menjangkau publik/masyarakat, ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Contoh aplikasi Canva, ini adalah salah satu kemajuan teknologi di dunia desain grafis yang dapat beroperasi di berbagai platform secara online (baik itu versi Web maupun versi aplikasi PC-Desktop/Laptop atau versi aplikasi Mobile/Smartphone) serta dengan banyak kemudahan sehingga cepat karena banyak contoh template dan juga bahan pendukung yang cukup banyak.Dunia pendidikan seperti sekolah SMP Negeri 25 Depok, ikut serta mendukung pendidikan yang berkualitas di sekolah. Pendidikan yang berkualitas menjadi jalan sumber manusia, melalui OSIS sekolah yang sejalan dengan wadah bagi murid agar tujuan dapat mengalirkan serta sarana yang diekspresikan, dan juga sarana agar para murid mencapai prestasi yang dapat membanggakan baik itu sendiri maupun sekolah. Dalam Pengabdian kepada masyarakat (PKM), hasil kegiatan ini berjalan sesuai yang diharapkan dan para siswa anggota OSIS antusias mengikuti pelatihannya.References
Admin SMP. (2020, 9 11). OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) Melatih Anak SMP Menjadi Seorang Pemimpin. Retrieved 10 16, 2021, from http://ditsmp.kemdikbud.go.id/: http://ditsmp.kemdikbud.go.id/osis-organisasi-siswa-intra-sekolah-melatih-anak-smp-menjadi-seorang-pemimpin/
Canva.com. (n.d.). Canva. Retrieved Oktober 01, 2021, from Ingin Mendesain Apa?: https://www.canva.com/id_id/membuat/
Fernando. (2021, Juni 10). Tugas OSIS. Retrieved Oktober 16, 2021, from FailFaire: https://failfaire.org/tugas-osis/
Hariawan, A., Hermawan, H., & Waluyo, R. (2020, Februari). Pelatihan Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru. Madani, Vol.2 No.1, pp.47-52. doi:10.35970/madani.v2i1.107
Komalasari, Y., Muharrom, M., & Sumbaryadi, A. (2021, Oktober). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara. ABDITEKNIKA, Vol.1 No.2, pp.71-77.
Pelangi, G. (2020, Desember). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, Vo.8, No.2, Hal.79-96. doi:http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020, November). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya mempromosikan Hasil Produk UKM. SELAPARANG, Vol.4, No.1, pp.430-436.
Sukapti, S., Utomo, S. B., Abdi, M. M., Sonny, & Dewi, W. C. (2020, Mei). Peranan Komunikasi Pada Sebuah Organisasi Yang Bertujuan Meningkatkan Motivasi. Jurnal ABDIMAS, Vol.1, No.2, Hal.16-24. doi:http://dx.doi.org/10.32493/ABMAS.v1i2.p16-24.y2020
Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020, Oktober). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK Di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS, Vol.1 No.4, pp.476-480. doi:https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417
Widya, L. A., & Darmawan, A. J. (2016). Pengantar Desain Grafis (Cetakan 1, Januari 2016 ed.). Ditjen PAUD dan Dikmas, Kemendikbud RI.