PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN H5P
Abstract
Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan H5P pada SMKS Sirajul Falah Bogor sangat dibutuhkan, terutama dimasa Pandemi Covid-19 ini. Melalui pembuatan media pembelajaran yang interaktif, maka proses belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan pemahaman Siswa dalam belajar baik dibidang pengetahuan maupun keterampilan disemua matapelajaran. H5P merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif. Pproduk yang dihasilkan dapat berupa video, animasi, game pembelajaran dan pembuatan soal yang lebih menarik. Pelatihan ini memberikan kontribusi yang besar dalam upaya meningkatkan kreatifitas guru dalam membantu kegiatan pembelajaran. Metode kegiatan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini diawali dengan pengumpulan data yang meliputi observasi, survey, wawancara dengan guru-guru SMKS Sirajul Falah Bogor, dan studi pustaka terkait dengan aplikasi yang digunakan untuk membuat media pembelajaran interakatif. Langkah berikutnya melakukan pelatihan yang diikuti oleh guru-guru SMKS Sirajul Falah dengan tatap muka langsung. Setelah pelatihan guru-guru SMKS Sirajul Falah Bogor diharapkan dapat meningkatkan kompetensi profesionalnya sebagai seorang guru, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan. serta target pembakhir elajaran dapat tercapai.
Kata kunci: media pembelajaran interaktif; H5P; pembelaran online; Covid 19