MEMADUKAN CLASSROOM DENGAN QUIZIZZ SEBAGAI METODE UJIAN ONLINE YANG MENARIK BAGI SISWA SMP AL-ULUM TERPADU

Authors

Abstract

Modal dasar dalam proses pengembangan dan pembangunan adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Atas dasar tersebut kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) harus selalu dikembangkan dan diarahkan agar mencapai tujuan yang diharapkan, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melatih Sumber Daya Manusia (SDM) agar dapat berpartisipasi dalam Industri 4.0 yaitu dengan cara mengadakan pelatihan-pelatihan, kursus, ataupun workshop mengenai teknologi. Permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan tingkat sekolah adalah sulitnya mengembangkan suatu cara dalam pelaksanaan ujian online agar menarik bagi siswa. Dikarenakan hal tersebut maka solusi untuk memecahkan masalah yang terjadi yaitu perlu dibuat metode baru untuk memadukan antara metode classroom learning dengan metode quizizz. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar proses kegiatan belajar mengajar tetap berjalan efektif, inovatif, efisien dan menyenangkan. Manfaat yang didapat bertambahnya ilmu pengetahuan dan kemampuan penerapan teknologi dalam pembelajaran daring dan ujian online. Dengan kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan minat ketertarikan siswa akan ujian online serta pembelajaran dan juga minat guru dalam mengembangkan bahan ajar secara kreatif dan inovatif.

Kata Kunci: Google Classroom, Quizizz, Ujian Online

References

Sumarsono, Sonny. 2003. Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Armstrong, Michael.1994. Seri Pedoman Manajemen, Manajemen Sumber Daya Alam. Jakarta:Gramedia

Saifullah, S., & Akbar, B. M. (2020). Pelatihan E-Learning Menggunakan Google Classroom Bagi Guru Ma Raden Fatah Prambanan. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 93-103.

Malalina, M., & Yenni, R. F. (2018). Pelatihan Google Classroom Untuk Mengoptimalisasi Proses Pembelajaran Di Fkip Universitas Tamansiswa Palembang. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 58-70.

https://support.google.com/edu/classroom/answer/6072460/bagaimana-cara-login-ke-classroomkomputer?co=GENIE.Platform%3DDesktop&hl=id akses: online Juni 2021

Mayasari, F., Dwita, D., Jupendri, J., Jayus, J., Nazhifah, N., Hanafi, K., & Putra, N. M. (2019). Pelatihan Komunikasi Efektif Media Pembelajaran Google Classroom Bagi Guru Man 2 Model Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 3(1), 18-23.

Akmal, L. F. (2019). Pelatihan Google Classroom Dan E-Learning Bagian Pembuatan Akun Dan Kelas Pada Google Classroom.

Kurniawan, B., & Purnomo, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Mata Pelajaran IPS. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1-9.

Yanto, B., Setiawan, A., & Husni, R. (2020). PKM Blended Learning dengan Google Classroom for Education bagi Guru SMA Sederajat di Kecamatan Tambusai Provinsi Riau. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(1), 15-24.

Published

2022-05-31