Pelatihan Aplikasi Schoology Sebagai Sarana Diskusi Pada SMK Arraisiyah

Authors

  • Sartika Lina Mulani Sitio Universitas Pamulang
  • Teti Desyani universitas Pamulang
  • Irpan Kusyadi Universitas Pamulang
  • Ahmad Arifin Universitas Pamulang
  • Mohadib Mohadib Universitas Pamulang

Abstract

Diskusi adalah perundingan atau pertukaran pemikiran untuk memperoleh pemahaman mengenai penyebab suatu masalah dan solusi penyelesaiannya. Pada SMK Arraisiyah Kota Tangerang Selatan disaat masa pendemi seperti saat ini, diskusi tidak selalu harus dilakukan secara tatap muka langsung atau didalam kelas, melainkan bisa dilakukan secara daring. Hal ini dirasa perlu karena diskusi yang dirancang secara baik dan matang dapat membantu para siswa dalam memahami pembelajaran dengan lebih optimal sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar para siswa dan dapat tercapianya tujuan pembelajaran. Namun dalam prosesnya diskusi jarak jauh atau diskusi daring ini, terdapat banyak permasalahan yang dihadapi pihak sekolah mulai dari kurang memadainya media yang digunakan sebagai alat bantu untuk pelaksanaan kegiatan diskusi jarak jauh atau diskusi daring sehingga tujuan dari diskusi tidak tercapai dengan baik. Melihat permasalahan diatas maka diperlukan media pendukung yang digunakan untuk mendukung kegiatan diskusi jarak jauh atau diskusi daring. Solusi dari permasalahan yang ada adalah dengan menggunakan media yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring yang mencakup forum diskusi yaitu dengan menggunakan Learning Management System (LMS) salah satunya Schoology. Dengan dilakukannya diskusi melalui Schoology pertukaran pemikiran lebih terfokus pada matapelajaran dan permasalahan yang dibahas sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

References

Irene, Saleh, R. R., Foresto, B., Djuanda, R. E., Prayogo, A., Arianti, A., et al. (2020, Maret 18). Pesan Para Dokter terkait Covid-19.

Nur, Andi Saparudiin. 2020. “Pemanfaatan Schoology Sebagai Sarana Pembelajaran Daring Pada Pembelajaran Matematika.†Proseding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 3(Desember): 100–107.

Setiawan, Adib Rifqi. 2020. “Lembar Kegiatan Literasi Saintifik Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19).†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1): 28– 37.

Sicat, Alvin S, and Ma Ed. 2015. “Enhancing College Students’ Proficiency in Business Writing UNESCO. (2020, Maret 4). 290 million students out of school due to COVID-19.

UNESCO releases first global numbers and

Downloads

Published

2022-09-15