MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUATAN KONTEN BERMANFAAT SEBAGAI SARANA DAKWAH DAN PENDIDIKAN PADA ERA DIGITAL

Authors

  • Khaerul Ma'mur Pamulang University
  • Anis Mirza Universita Pamulang
  • Muhammad Rosyid Ridlo Universitas Pamulang
  • Resmi Resmi Universitas Pamulang
  • Muhamad Rizki Akbar Universitas Pamulang

Abstract

Di masa pandemi, banyak siswa sekolah yang diharuskan menggunakan gawai untuk menunjang pembelajaran
daring. Salah satunya di SMP Islam Budaya Sawangan, Depok. Di sekolah ini siswa diperbolehkan menggunakan
gawai saat belajar daring. Namun ketika pembelajaran usai, banyak siswa yang mengakses internet atau media
sosial untuk membuka konten-konten yang lewat di beranda. Sayangnya, banyak beredar konten-konten di
internet atau aplikasi jejaring sosial yang kurang bermanfaat, menjadikan penggunanya ikut terpapar pemikiran
dan kegiatan yang tidak bermanfaat pula. Apalagi yang melihat konten-konten tersebut ialah rata-rata usia remaja,
yang mana usia tersebut perlu pendampingan dari orang yang lebih dewasa. Hal semacam ini membuat resah
banyak kalangan, terutama para orangtua. Sehingga dirasa perlu adanya pengganti konten yang lebih bermanfaat.
Dan untuk memperkaya konten-konten yang bermanfaat, diperlukan kemampuan dalam membuat atau mendesain
isi kontennya. Para siswa diharapkan menjadi pionir pembuat konten bermanfaat dengan nilai dan tujuan yang
mengajak kepada kebaikan. Sehingga aplikasi Canva dipilih untuk menjadi sebuah alat bantu dalam
mempermudah dan mempercepat pembuatan konten sekaligus dapat mengcounter konten kurang bermanfaat yang
sudah sangat meresahkan saat ini. Selain itu agar para pengabdi lainnya dapat memberikan penyuluhan dan
pelatihan yang sama sebagai bentuk penyelamatan generasi muda dari dampak negatif kecanduan konten tidak
bermanfaat.

Author Biography

Khaerul Ma'mur, Pamulang University

Teknik Informatika

References

Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 152-159.

Multazam, A., Alwi, A. R. F., Zulkarnaen, A. A., Gaing, A. D., Purba, M. A., Faizal, M., ... & Andrian, T. (2021). Pembelajaran Mendesain Curriculum Vitae Menggunakan Aplikasi Canva Di SMK Negeri 2 Depok. Praxis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 85-92.

Pradana, E. A. A. (2020). PKm-Pendampingan Tehnik Pembuatan Konten Promosi Digital Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas, 4(1), 81-90.

Saman, A., Umar, N. F., Bakhtiar, M. I., & Harum, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk membuat Media Bimbingan dan Konseling Bagi MGBK Kabupaten Gowa. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 270-276.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), 79-85.

Downloads

Published

2023-01-05