PELATIHAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI PESERTA DIDIK SMK KEBANGSAAN PONDOK AREN
Abstract
Di era revolusi industri 4.0 ini peserta didik dituntut untuk menguasai teknologi, karena pembelajaran di sekolah harus berbasis ICT. Peserta didik SMK Kebangsaan sudah difasilitasi komputer, namun SMK kebangsaan belum menemukan pelatih untuk mengajarkan penggunaan software Geogebra dalam pembelajaran matematika. Tujuan pengabdian masyarakat ialah: Memberikan materi tentang software Geogebra dan penggunaannya dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pengetahuan para peserta didik. Memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada peserta didik tentang cara menyelesaikan contoh soal matematika menggunakan software Geogebra. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan 30 peserta didik. Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari, yaitu meliputi pengenalan software Geogebra dan kegunaannya dalam pembelajaran matematika, install software Geogebra, pengenalan tampilan Geogebra, menu dan icon serta latihan soal menggunakan Geogebra. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab dan pelatihan. Kegiatan ini dapat menambah pengetahuan tentang software Geogebra dan kegunaannya dalam pembelajaran matematika dan cara menyelesaikan soal dalam pelajaran matematika dengan menggunakan software Geogebra.References
Hohenwarter, M., et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Matgematics Software Geogebra. Diakses tanggal 10 Maret 2020 dari http://www.publications.uni.lu/record/2718/files/ICME11TSG16.pdf.
Hohenwarter, M. & Fuchs, K. (2004). Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System Geogebra. Diakses tanggal 10 Maret 2020 dari http://www.Geogebra.org/publications/pecs_ 2004.pdf.
Irfadi, M. (2013). Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi. Cirebon: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati
Krulik, S., Rudnick, J., Milou, E. (2003). Teaching Mathematics in Midle Schools. A Practical Guide. Boston: Pearcson Education, Inc.
Mahmudi, Ali. (2011). Pemanfaatan Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Diakses tanggal 10 Maret 2020 dari http://www.academia.edu/2137476/Pemanfaatan_Geogebra_dalam_Pembelajaran _Matematika.
Narohita, Gede A. (2014). Pemanfaatan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Karakteristik Grafik Fungsi Kuadrat Pada Siswa Kelas X MIA 7 SMA Negeri 1 Singaraja. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, Volume 2 Edisi 2 2014 http://idealmathedu.p4tkmatematika.org
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA.
Nurfadilah, U. & Suhendar, U. (2018). Pengaruh Penggunaan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Topik Garis Dan Sudut. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 3 No. 2
Sroyer, A. (2013). Pendekatan open-ended (masalah, pertanyaan dan evaluasi) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Matematika Dan Pend. Matematika, 2(2), 29–37. https://doi.org/10.1002/bimj.201100167
Syahbana, A. (2016). Belajar Menguasai Geogebra Program Aplikasi Pembelajaran Matematika. Palembang. NoerFikri Offset.