IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI DAKWAH DAN ORGANISASI REMAJA MASJID NUR ROHMAN BERBASIS WEB

Authors

  • Muhammad Santoso Universitas Pamulang
  • Indra Kritianto LPPM UNPAM
  • Ahmad Ahmad LPPM UNPAM

Abstract

Remaja masjid merupakan wadah kerjasama yang dilakukan oleh dua orang remaja atau lebih yang memiliki keterkaitan dengan masjid untuk mencapai tujuan bersama. Ada beberapa fungsi dari remaja masjid yaitu untuk memakmurkan masjid, mendukung kegiatan Ta’mir Masjid, kegiatan dakwah keagamaan, sosial dan ekonomi, serta sebagai pembinaan remaja muslim yang ada di lingkungan sekitar masjid. Kegiatan yang dilakukan remaja masjid ini mampu membangkitkan semangat para warga sekitar untuk terus menghidupkan masjid sekaligus menjaga rasa solidaritas antar warga. Sistem Informasi berbasis web adalah sistem untuk mempermudah aktifitas remaja masjid dalam menjalankan kegiatan dakwah ataupun organisasi. Dimana dengan masa saat ini kondisi masyarakat yang menjalani pembatasan aktifitas dikarenakan pandemic. Pelatihan Sistem Informasi Dakwah dan Organisasi Berbasis Web pada remaja Masjid Nur Rohman diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk memanfaatkan system ini untuk hal lain yang lebih bermanfaat, baik untuk aktifitas belajar atau aktiifitas pendidikan lainnya. Sehingga kegiatan remaja masjid nurohman lebih baik lagi dan dakwah yang akan dilakukan dapat tersampai dengan cepat dan tepat.

Author Biographies

Muhammad Santoso, Universitas Pamulang

Indonesia

Indra Kritianto, LPPM UNPAM

Dosen Fakultas Teknik Informatika UNPAM

Ahmad Ahmad, LPPM UNPAM

Dosen Fakultas Teknik Informatika UNPAM

References

Ikhwani, Y., Budiman, H., & Rasyidan, M. (2015). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word 2013 pada SMP HA Johansyah. A Banjarmasin.

JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang Volume: 2 Nomor: 2p-ISSN: 2716-4780 e-ISSN: 2721-6144 Adam Muiz1*, Sri Rama Putri, Dede Sunandar, Nurhayati, Raditia Vindua

Abdul Aziz, 2013, Etika Bisnis Perspektif Islam, Bandung: AlfabetaQomar, Mujamil, Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga, 2007.

Jogjaweb.co.id/blog/sejarah-dan-cara-membuat-google-forms

Yunita, d., fansyuri, m., & tassia, e. (n.d.). Kommas : jurnal pengabdian kepada masyarakat universitas

pamulang pemanfaatan buku digital untuk meningkatkan minat baca pendahuluan meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan di indonesia , sehingga dapat bersaing di tingkat global . Kommas : jurnal peng. 53–61.

Sutriyatna, e., suryadi, a., supiyan, d., hidayah, n., komalasari, m. Y., muharrom, m., & komalasari, s.

(n.d.). Kommas : jurnal pengabdian kepada masyarakat

Downloads

Published

2022-09-15