PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO BAHAN AJAR MENGGUNAKAN APLIKASI MIROSOFT POWER POINT PADA SDN DANGDANG II

Authors

  • Devi Yunita Universitas Pamulang
  • Shelvi Eka Tassia Universitas Pamulang
  • Maulana Fansyuri Universitas Pamulang

Abstract

Salah satu upaya peningkatan hasil belajar pada saat ini adalah dengan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi komunikasi (TIK) misalnya dengan menggunakan media video dalam penyajian materi pembelajaran. Media video atau audiovisual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Media pembelajaran untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) harus mampu memfasilitasi siswa untuk belajar secara mandiri, mampu memotivasi, memahamkan materi ajar. Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan video pembelajaran akan fleksibel karena siswa dapat mengakses dan melakukan pembelajaran kapan-pun dan dimana-pun berada, karena disesuaikan dengan ketersedian waktu peserta didik dengan pendidiknya. Penggunaan video sebagai media pembelajaran juga memiliki kelebihan lainnya, yaitu siswa dapat mengulang kembali penjelasan yang diberikan oleh guru tidak terbatas pada waktu tertentu. Pada SDN Dandang 2, didapati bahwasanya kemampuan para guru dalam membuat media pembelajaran berupa video sangat rendah. Menurut hasil wawancara yang kami lakukan pada tanggal 29 maret 2022 dengan salah satu guru yang mengajar di SD Dandang 2. Beliau merasa dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini, materi yang diberikan kepada siswa tidak begitu optimal. Hal ini disebabkan banyaknya kendala seperti jaringan internet yang tidak stabil baik itu disisi guru ataupun siswa. Selain itu banyak juga siswa yang kurang memahami penjelasan guru jika disampaikan secara daring. Kegiatan pelatihan dan praktek pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan Microsoft powerpoint dibagi menjadi 2 tahapan yaitu, pertama penyajian materi pembuatan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Microsoft Power Point dan yang Kedua yaitu Pemaparan langkah-langkah pembuatan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan powerpoint. Hasil kegiatan PKM di SDN Dangdang II dengan penerapan aplikasi Microsoft Power Point dapat menambah dan meningkatkan pengetahuan guru-guru di SDN Dangdang 2 dalam membuat video bahan ajar, dan dari kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada para guru di SDN Dangdang II untuk membuat dan memberikan materi ajar yang lebih inovatif kepada siswa sehingga dapat menambah minat belajar siswa.

Author Biography

Devi Yunita, Universitas Pamulang

Dosen teknik informatika

References

Arsyad. 2011. Media Pengajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada

Pribadi, B.A., 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat

Djamarah, S.B., & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Kusuma, J.W., Jefri, U., Sunarni, E., Ika, P. 2020. Pelatihan Penggunaan Aplikasi ClassDojo Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Di SD IT Bina Bangsa Di Era Kenormalan Baru. JPKM-Aphelion.

Dai, W., & Fan, L. 2012. Discussion About The Pros And Cons & Recommendation for Multimedia Teaching in Local Vocational Schools. Physics Procedia, 33, 1144-1148.

Mulyawan, D. 2013. Jurnal Pengaruh Penggunaan Microsoft Power Point.

Hikmah, S.N., & Maskar, S. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Power Point Pada Siswa MP VIII dalam Pembelajaran Koordinat Kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, L(1), 15-19.

Amalia, I. 2020. Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2910,36-39.

Astini, N.K.S. 2020. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada masa Pandemi Covid19. Lampuhyang, 11(2),13-25.

Downloads

Published

2023-01-05