PENGENALAN DAN PELATIHAN DESAIN GRAFIS MENGGUNAKAN CANVA PADA SMP CAHAYA ASHILLA

Authors

Abstract

Perkembangan aplikasi di bidang teknologi informasi saat ini sangat memberikan pengaruh yang besar di berbagai bidang. Khususnya pada salah satu bidang industri kreatif seperti periklanan, papan nama, dan desain grafis.  Dalam zaman digital dan serab teknologi saat ini, sangat pesat perkembangan dari design world. Contohnya pada siswa/i yang sedang bersekolah butuh diberikan ilmu tentang multimedia khususnya graphic design untuk persiapan skill setelah lulus sekolah menuju dunia kerja, kemudian pengguna terbesar internet di Indonesia yaitu remaja. Remaja awal yang sering bereksperimen dengan suatu hal yang baru dan keingintahuan yang tinggi adalah remaja setingkat SMP. Karena itu, pelatihan keahlian berupa desain grafis dan pemasaran iklan dan poster online sangat penting dikenalkan kepada remaja setingkat SMP. Tempat pelaksanaan PKM yaitu di SMP Cahaya Ashilla yang berlokasi di Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang. Pada pengenalan dan pelatihan desain ini menggunakan aplikasi Canva. Dengan diberikannya bekal desain grafis, diharapkan para siswa/i kelas VII SMP Cahaya Ashilla setelah lulus sekolah dapat berkompetisi di dunia kerja, dapat memajukan kualitas karya dan kreativitas yang berguna untuk masyarakat dan diharapkan pelatihan desain grafis ini bisa memberikan manfaat yang positif untuk siswa/i SMP Cahaya Ashilla.

Author Biography

Agung Siswopranoto, Universitas Pamulang

Pranata Komputer Pengadilan Agama Jakarta Barat

References

L. Asmawati, “PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS KECERDASAN JAMAK,†J. Pendidik. Usia Dini, vol. 11, no. 1, pp. 145–164, Apr. 2017, doi: 10.21009/JPUD.111.10.

Y. Desnelita et al., “PKMS PELATIHAN DESAIN GRAFIS MENUJU WIRAUSAHA BAGI PEMUDA RT.03 RW.04 KELURAHAN UMBAN SARI,†Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 266–272, Dec. 2019, doi: 10.31849/DINAMISIA.V3I2.3662.

I. W. Adinata, N. Maharta, and I. D. P. Nyeneng, “PENGEMBANGAN KOMIK PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DESAIN GRAFIS | Adinata.†http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/10236 (accessed Jul. 21, 2022).

S. G. Hadi, “PENGARUH MEDIA DESAIN GRAFIS BERBASIS ADOBE PHOTOSHOP TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS | Hadi | Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling.†http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita/article/view/756/709 (accessed Jul. 21, 2022).

A. Ikhsan, A. Siswopranoto, G. Saputri, R. Ester, and I. Aisyah, “WORKSHOP MOTIVASI KARIR MASA DEPAN SISWA/I SMK PANTI KARYA 3 DENGAN PENGETAHUAN DIGITAL MARKETING DAN PEMBUATAN CV MENGGUNAKAN CANVA | Jurnal Ilmu Komputer.†https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/88 (accessed Jul. 21, 2022).

A. Bayu Seta, S. Mulyani, D. Abdurohman, N. Ilham, and R. Fadli, “PEMBEKALAN DAN PELATIHAN DESIGN GRAFIS GUNA MENUMBUHKAN JIWA ENTERPREUNERSHIP PADA ANAK USIA DINI DI YAYASAN YATIM PIATU KHAZANAH KEBAJIKAN,†J. ABDIMAS, vol. 3, no. 1, pp. 92–99.

M. Wance, Muhtar, and P. I. Kaliky, “PKM Penyelenggaraan Pemerintahan Dalam Perencanaan Pembangunan Negeri Hila Kabupaten Maluku Tengah.†https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/view/372/243 (accessed Jul. 21, 2022).

Downloads

Published

2023-01-05