Sosialisasi Cara Belanja Online yang Aman dan Terpercaya di Lingkungan RT.02 RW.07 Pengasinan Depok

Authors

  • Rahmawati Rahmawati Universitas Pamulang
  • Erdi Sutriyatna Universitas Pamulang
  • Dede Supiyan Universitas Pamulang

Abstract

Di era digital ini, sekarang semua serba mudah. Apapun dapat diakses dengan menggunakan internet. Dimulai dari belanja online , pesan makanan online , hingga transportasi berbasis online . Dengan pesatnya perkembangan internet pada saat ini, maka terbangunlah sebuah sistem perdagangan dunia maya. E - Commerce atau perniagaan elektronik merupakan semua bentuk transaksi perdagangan barang atau jasa yang menggunakan media perantara internet. Berbelanja secara online merupakan bagian dari perdagangan barang, oleh sebab itu maka berbelanja secara online menjadi bagian dari kebutuhan pada saat ini. Terlepas dari hal itu muncul masalah–masalah yang dihadapi ketika berberlanja secaraonline seperti produk yang dibeli tidak sesuai, atau produk yang dikirmkan rusak atau cacat, produk tidak kunjung datang maupun masalah lainnya. Maka dari itu perlu adanya sosialisasi bagaimana cara berbelanja secara onlineyang aman dan nyaman sehingga peserta dapat memahami tahapan dalam berbelanja yang baik dan benar seperti memilih toko yang ratingnya tinggi dan juga ulasan produk positif, memberikan deskripsi produk secara lengkap serta memiliki sistem pembayaran yang aman. Sosialisasi yang dilaksanakan di sebuah masjid dalam pemukiman warga, dan menargetkan kepada sekitar masjid di lingkungan RT.02/07 Kel. Pengasinan, Kec. Sawangan. Kota Depok. Harapannya dengan kegiatan ini para warga manfaat berupa ilmu tips dan trik agar bisa berbelanja online dengan aman dan terhindar dari
penipuan.

Kata kunci: Sosialisasi, Belanja Online, Aman dan Terpercaya.

Author Biographies

Rahmawati Rahmawati, Universitas Pamulang

Teknik Informatika

Erdi Sutriyatna, Universitas Pamulang

Teknik Informatika

Dede Supiyan, Universitas Pamulang

Teknik Informatika

References

Firmansyah, K., Fadhli, K., Ahmad Noviandy, I., Rini, S., Syariah Universitas A Wahab Hasbullah, E. K., A Wahab Hasbullah, U. K., & Universitas A Wahab Hasbullah, M. K. (2020). Pengenalan Media Sosial dan E-Commerce sebagai Media Pemasaran serta Pengemasan Frozen Food. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 43–48.

https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1036

Listianawati, D., Rosyid, A., Bella, B., & Ardianti, S. (2022). Sosialisasi Kewirausahaan Berbasis Online Untuk Meningkatkan Minat, Motivasi, Dan Kreativitas Siswa/i. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 31–36.

http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kommas/article/view/15992

Noviyanti, M. S., Juwita, J., Setianingsing, O., Rapani, R., & Amalia, G. (2021). Sosialisasi E-Commerce Sebagai Solusi Di Tengah Pandemi Pada Tenaga Pengajar Di Pondok Pesantren Al Inayah Kp. Pondok Miri Rawa Kalong. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi (JIMAWAbdi), 1(3), 186–188.

https://doi.org/10.32493/JMAB.V1I3.16774

Ratama, N., Saifudin, A., Munawaroh, M., Yulianti, Y., & Desyani, T. (2020). Pembelajaran Dalam Peningkatan Pengetahuan Internet Sehat dan Aman Bagi Ibu-ibu PKK Griya Indah Serpong RT.01 RW.15. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kommas/article/view/4610

Published

2023-05-31