MEDIA PEMBELAJARAN QUIS INTERAKTIF UNTUK MENINGKATAKAN MOTIVASI BELAJAR (STUDI KASUS: SDN DANDANG 2)

Authors

  • Khoirunnisya nisya
  • Nurhasanah Nurhasanah
  • Shelvi Eka Tassia

Abstract

Mengingat akan adaptasi baru  dimana menuntut siswa dan guru harus belajar dan melakukan pembelajaran secara online atau daring. Pada saat pembelajaran online (daring), optimalisasi dalam komunikasi jarak jauh tidak terlepas dengan penggunaan handphone, tablet, atau laptop serta koneksi internet yang dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran. Hal ini menjadi tantangan untuk guru agar tetap dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, menarik dan aktif dan tetap dapat mencapai tujuan pembelajaran.Quizizz sendiri, merupakan aplikasi permainan pendidikan yang sifatnya naratif dan fleksibel, selain bisa dimanfaatkan sebagai sarana menyampaikan materi, Quizizz juga bisa digunakan, sebagai media evaluasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.Diharapkan dengan adanya kemudahan akses media pembelajaran sekarang ini, Guru dapat menggunakan, kemudian mengembangkan media evaluasi melalui aplikasi Quizizz, sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan.

 

References

Adiwisastra, M. F. (2015). Perancangan Game Kuis Interaktif Sebagai Multimedia Pembelajaran Drill And Practice Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Informatika. Vol. II No. 1 A, 205.

Dini, A. (2019). Pengembangan Game Kuis Interaktif Sebagai Instrumen Evaluasi Formatif Pada Mata Kuliah Teori Musik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 93-103.

Meryansumayeka, M., & Mulyono, B. (2016). Pengembangan Materi Pelajaran Berbasis TIK Untuk Mata Kuliah Program Komputer. Jurnal Pendidikan Matematika,, 13-22.

Meryansumayeka; Virgiawan, M.Dimas; Marlini, Sri. (2018). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Pada Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 12, No. 1, 29-42.

Nurbani. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Quiz Team Pada Matakuliah Logika Komputer Ditinjau Dari Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Vokasi – , 261-272.

Panggabean Suvriadi ; Harahap, T H. (2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika . Journal of Mathematics Education and Science , 78-83.

Pentury,HJ ; Rangka, IB; Anggraeni, AD. (2021). Peningkatan Kemampuan Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Daring melalui Penerapan Kuis Interaktif Daring . Jurnal Surya Masyarakat , 109-114.

Riskawati . (2017). Pengaruh Pemberian Kuis Pada Proses Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X1 SMKN 4 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 91-98.

Salsabila, U., H. I., Amanah, s. L., Istiqomah, N., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 163-171.

Sumarni. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Metode Pemberian Kuis Di Awal Pembelajaran. jurnal FMIPA UNM, 1-9.

Published

2023-05-31