PELATIHAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PARA GURU MI HIDAYATUL ATHFAL CURUG- DEPOK
Abstract
Pengembangan kurikulum disekolah kelas membutuhkan waktu serta dukungan penuh dari para guru agar pelaksanaannya menjadi sukses. Guru merupakan aspek penting dalam proses pengembangan dan pelaksanaan kurikulum. Salah satu tujuan dari pelatihan kurikulum merdeka adalah mengejar ketertinggalan pembelajaran yang disebabkan oleh pandemi covid-19 serta mengembangkan potensi peserta didik. Pelatihan Kurikulum ini dibuat sederhana dan fleksibel sehingga pembelajaran akan lebih mendalam. Selain itu, pelatihan kurikulum merdeka juga berfokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya. Mmetode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meliputi survey dan wawancara dengan pihak sekolah dan para dewan guru yang terbagi menjadi dua, yaitu: Studi lapangan meliputi observasi, pengumpulan data yang berhubungan dengan Kurikulum, serta wawancara dengan pihak sekolah dan para dewan guru yang dapat mendukung program Pengabdian kepada masyarakat, serta Studi pustaka sebagai dasar untuk memperoleh referensi yang baik. Pelatihan ini memberikan hasil dengan meningkatnya pengetahuan dan pemahaman para guru mengenai kurikulum merdeka beserta perangkatnya hal tersebut dikatakan tercapai dapat ditunjukkan dengan partisipasi guru-guru dalam bertanya dan bersemangat untuk menjalankan kurikulum merdeka di sekolah dan dikelas masing-masing. Serta meningkatnya keterampilan para guru dalam memahami ketercapaian dan fase pada kurikulum merdeka sesuai kebutuhan atau jenjang tingkatan kelas mereka. Terlaksananya program merdeka belajar suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan bahagia, hal ini tentu mempengaruhi kualitas pembelajaran lebih baik. Program merdeka belajar dapat dikatakan sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi guru. Meningkatkan kompetensi guru menjadi PR yang harus dilaksanakan untuk memajukan pendidikan Indonesia
Kata kunci: pelatihan, kurikulum merdeka, merdeka belajar