Pelatihan Digital Marketing Berbasis Mobile Dalam Perkembangan Bisnis Di Era Digital

Authors

  • Maulana Fansyuri Universitas Pamulang
  • Devi Yunita Universitas Pamulang
  • Khoirunnisya Khoirunnisya Universitas Pamulang

Abstract

Perkembangan yang pesat pada dunia bisnis terutama UMKM di indonesia saat ini sudah sangat membatu dalam mensejahterahkan tarap kehidupan ekonomi bagi kelas menengah ke bawah. tidak perlu di pungkiri lagi saat ini indonesi masih dalam tahap kemajuan ekonomi bagi masyarakatnya dan sedang mencoba mengikuti cara negara berkembang dari kehidupan masyarakatnya dalam meningkatkan kehidupan ekonomi yang mandiri. Pelaku UMKM perlu memanfaatkan bermacam cara untuk melakukan promosi dan meningkatkan penjualan produk mereka, salah satunya dengan memanfaatkan peluang yang ada. UMKM juga tidak hanya meningkatkan dan mensejahterahkan dikondisi normal saja. Kegiatan PKM diawali dengan melakukan pembuatan jadwal yang visibel dan bisa disepakati oleh peserta pelatihan, kemudian dilanjutkan dengan pemberian wawasan dengan sistem ceramah kepada UMKM di satu lokasi pelatihan yang telah disepakati bersama secara terjadwal. Pada akhir pelatihan, akan dilakukan evaluasi untuk melihat keterampilan dari masing-masing peserta dalam hal mempromosikan dan memasarkan hasil produksinya melalui media internet. Dalam evaluasi ini juga akan diberikan sertifikat sebagai sebuah penghargaan tentang keterampilan digital marketing sebagai sarana promosi dan pemasaran produk yang dimiliki oleh masing-masing peserta pelatihan. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi internet untuk membangun bisnis online dapat meningkatkan pengetahuan peserta dalam memanfaatkan media online sebagai sarana pemasaran produk, sehingga memberikan peluang untuk memper luas pasar produk yang dapat berimbas pada peningkatan omset usaha. Pemanfaatan teknologi informasi berupa digital marketing dan e-commerce yang digunakan sebagai Teknik pemasaran bagi UMKM sangat diperlukan karena perkembangan era teknologi yang menuntut para pelaku usaha untuk bersaing secara global dengan sistem pemasaran online.

References

Agus Dwi Cahya;Bernadetta Diansepti Maharani. (2021). Pelatihan Digital Marketing, Tips Dan Trik. embaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) , 217.

Cahya, A. D.; Aminah, Rinajaya, A. F.; & Adelin, N. (2021). Pengaruh Penjualan Online di masa Pademi Coviv-19 terhadap UMKM Menggunakan metode Wawancara. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syari’ah, 857.

Irawan, D. J.; Adriantantri, E.; Limpraptono, Y.; & Nurcahyo, E. (2019). Pemasaran On-Line Penjualan Komputer Second. Jurnal Mnemonic, , 2.

Marjukah, A. (2022). Pengaruh Pelatihan Pemasaran Digital Terhadap Kinerja Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 1-12.

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. JIHI: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 2-6.

Statistik., B. P. (2020). Analisis Hasil Survei Dampak COVID-19 terhadap Pelaku usaha.

Titis Shinta Dhewi; Syihabudhin; Afwan Hariri Agus Prohimi;Dediek Tri Kurniawan. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Dan Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengembangan Kewirausahaan Alumni. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 7.

A. Muchayan, I. P. Artaya, and M. Kamisutara, “Implementasi Digital Marketing Melalui Instagram Bagi Kelompok Pengrajin Batik BELVA di Bangkalan Madura,†Madaniya, vol. 3, no. 2, pp. 176–186, 2022, [Online]. Available:https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/161.

I. W. R. Junaedi, I. G. Bagus, R. Utama, D. Waruwu, and M. Si, “Penggunaan Digital Marketing,†vol. 4, pp. 217–227, 2021.

I. W. R. Junaedi, I. G. B. R. Utama, and D. Waruwu, “Digital Marketing Pembangunan Desa Wisata,†J. Parad., vol. 5, no. 2, pp. 116–125, 2021, [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=WTZZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA24&dq=perencanaan+strategis+sistem+informasi+teknologi+informasi+perancangan+aplikasi+aplikasi+mobile+smarthpone+pariwisata+tourism&ots=WbUHc3Q3Bg&sig=11IAWhU91A0gTxDLpwJisaceyoU.

D. Sasongko, P. M. Yuliawati, R. Nurhidayah, R. G. Utomo, A. Setyawan, and K. Suciati, “Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing,†J. Pengabdi. Masy. IPTEKS, vol. 7, no. 1, pp. 68–73, 2021, doi: 10.32528/jpmi.v7i1.3943.

D. Solihin, A. Ahyani, K. Karolina, L. Pricilla, and I. S. Octaviani, “Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada Umkm Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang,†Dedik. Pkm, vol. 2, no. 3, p. 307, 2021, doi: 10.32493/dedikasipkm.v2i3.10726.

A. Firmansyah et al., “Edukasi Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan UMKM X Di Era Pandemi Covid 19,†Pengmasku, vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2021, doi: 10.54957/pengmasku.v1i1.82.

P. C.- Di, D. Cisadap, and C. Jawa, “Penjualan Melalui Digital Marketing Di Masa,†vol. 1, no. 2, pp. 129–142, 2021.

M. I. S. Ahmad, S. Syamsuardi, and M. Farid, “PKM Digitalisasi Bisnis UMKM,†Semin. Nas. Pengabdi. Kpd., no. 15, pp. 1182–1186, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/26318%0Ahttps://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/26318/13328.

Published

2023-05-31