SOSIALISASI PENULISAN BUKU AJAR BAGI GURU-GURU Di SMP NEGERI 3 JORLANG HATARAN
Abstract
Minimnya pengetahuan guru mengenai penulisan buku ajar merupakan permasalahan umum yang terjadi di sekolah karena guru pada umunya menggunakkan buku ajar yang diberikan oleh pemerintah. Olehkarana itu diperlukan sosialisasi penulisan buku ajar agar guru juga dapat menulis buku ajar yang dapat digunakan di sekolah. Tujuan dilaksanakannya pengabdian ini adalah agar guru- guru di SMP Negeri 3 Jorlang Hataran dapat memahami pentingnya penulisan buku ajar dan melalui pengabdian ini diharapakan guru- guru dapat menulis bbuku ajar yang baik. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode penyuluhan dan metode angket. Hasil pengabdian berdasarkan angket yang diisi oleh peserta pengabdian menujukkan bahwa kegiatan pengabdian ini memberikan dampak yang positif bagi peserta PKM. Berdasarkan hasil tingkat kepuasan peserta PKM maka diperoleh bahwa peserta kegiatan PKM 100 % menyatakan sangat setuju dengan kegiatan pengabdian ini. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini juga ditunjukkan dalam bentuk kepuasan dari peserta yang hadir mengikuti kegiatan seminar dan pelatihan yang dilaksanakan dengan terlihat antusiasme peserta selama proses kegiatan berlangsung.
References
Hernawan, A. H., Permasih, H., & Dewi, L. 2012. Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat UPI.
Kelana, J. B., & Pratama, D. F. 2019. Bahan ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Lekkas.
Solihati,N. 2021. Pelatihan Menulis Buku Ajar Bagi Guru-guru SMP Negeri 02 Kutawaluya Kabupaten Karawang. Prosiding Seminar Nasional Abdimasmu Vol. 2, No. 1.
Sopiah, Murdiono, A., Martha, J. A., Prabowo, S. H. W., & Fitriana. 2019. Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Bagi Guru SMA 5 Kediri. Karinov
Undang – Undang Dasar 1945.2014. Guru dan Dosen.
Wildan. 2021. Sosialisasi dan Pendampingan Pengembangan Materi Pembelajaran IPA Berbasis Metakognisi pada Mahasiswa Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat Volume 1 Nomor 2.