USAHA KULINER KEKINIAN: OTAK-OTAK MERCON DAN CHEESE MILK

Authors

  • Rinda - Noviyanti Universitas Terbuka
  • Lula Nadia
  • Donwill Panggabean
  • Umi Salamah

Abstract

Semakin ketatnya persaingan dalam usaha kuliner membuat para pelaku bisnis usaha sekarang ini harus pintar membuat terobosan dan inovasi baru agar tetap terdepan dalam berbisnis kuliner. Budaya masyarakat kita yang konsumtif, termasuk dalam hal kudapan memberikan geliat usaha kuliner makin ramai. Setelah melakukan pengamatan di kampung Maruga Ciater Rt01 Rw08 Kelurahan Ciater, kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, maka salah satu usaha kuliner yang berpeluang untuk bisa dikembangkan adalah otak-otak dengan tingkat kepedasan yang tinggi dan susu yang diberi campuran keju (cheese milk). Pemilihan kedua jenis kudapan ini didasarkan juga atas kandungan gizinya, dimana bahan dasar otak-otak adalah ikan yang banyak mengandung protein, begitu juga dengan cheese milk. Faktor-faktor yang menjadi perhatian untuk memajukan usaha ini adalah pengolahan dan pengemasan, penentuan harga yang terjangkau oleh masyarakat, dan strategi pemasaran yang kekinian. Pengolahan dan pengemasan ditingkatkan kualitasnya dengan cara menggunakan peralatan yang lebih modern. Harga terjangkau yang ditawarkan adalah Rp.7.000,- untuk 1 pouch otak-otak netto 150 gram, dan Rp.12.000,- untuk 1 botol cheese milk ukuran 250 ml. Pemasaran yang saat ini digencarkan adalah melalui sosial media: IG, Facebook, dan Twitter. Kegiatan bazaar juga dilakukan guna menjaring konsumen pencinta otak-otak dan cheese milk. Hasil usaha ini belum ada kenaikan yang signifikan, tetapi dengan semangat dan kerja keras yang konsisten, usaha ini akan sukses dan berkelanjutan.

 

Kata kunci: Kudapan; strategi pemasaran; berkelanjutan

References

Abbas, E.W.; Jumriani; Putra, Muhammad A.H.; Mutiani; Handy, Muhammad R.N. 2021. Peran Pengusaha Kuliner di Kawasan Kuliner Banua Anyar Bagi Pengembangan Pariwisata di Kota Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah Volume 6 Nomor 1 April 2021.

Antaranews. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-indonesia- sebesar-5456-kgkapita-pada-2021.[01082022]

Ardianti, Putu N.H; Suwandewi, Putu A.M; Danini, Dian A.R. 2022. Bisnis Kuliner Online, Solusi Usaha di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Peranan Perempuan/Ibu dalam Pemberdayaan Remaja di Masa Pandemi COVID-19, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Purcell, Willy. (2019). “The Importance of Innovation ini Business†dalam https://www.northeastern.edu/graduate/ blog/importance-of-innovation/. [31102019]

Fansyuri, M., & Yunita, D. (2023). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Implementasi K-Nearest Neighbor Untuk Klasifikasi Jenis Kelamin Berdasarkan Analisis Citra Wajah. Media Online), 3(6), 1208–1216. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.827

Redata, Lira; Kezia, Rachella; Solaiman, K.H; Santoso, Sugeng Santoso. 2021. Analisis Korelasi Pendampingan Komunitas terhadap Inovasi Pelaku Ekonomi Kreatif dan Pemenuhan Kebutuhan Konsumen: Studi Kasus Pada Komunitas Tangerang Berdaya dan Pelaku Ekonomi Kreatif Kuliner Tangerang. Business Management Journal Vol 17 (1 ) : 1 – 19. Th 2021

Published

2024-01-14