Membuat Landing Page Untuk Meningkatkan Convertion Rate
Abstract
Mata pelajaran Bisnis Digital terdiri dari beberapa elemen, salah satu diantaranya Digital Marketing. SMK Letris Indonesia 2 yang beralamat jalan Siliwangi Pamulang saat ini masih menggunakan kurikulum13, namun sudah mulai menuju ke kurikulum merdeka. Oleh karena itu pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sekolah SMK Letris mengajak siswa siswi jurusan Bisnis daring dan pemasaran untuk memiliki bekal pada mata pelajaran pemasaran terkait digital marketing. Digital marketing merupakan strategi atau upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital, baik melalui internet atau jaringan lainnya yang saling terhubung. Dengan banyaknya media digital saat ini, sudah jelas bahwa Digital marketing merupakan cara pemasaran yang sangat efektif. Media Digital marketing mencakup saluran komunikasi yang sering kita jumpai, baik melalui jaringan Internet maupun jaringan lainnya seperti telepon dan televisi. Tujuan digital marketing diantaranya untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat, kecepatan penyebaran, kemudahan evaluasi, jangkauan lebih luas, murah dan efektif dan membangun brand. Jenis-jenis digital marketing diantaranya SEO, Website, Social Media Marketing, Online Advertising, Email Marketing dan Video Marketing. Landing page atau halaman arahan adalah halaman web yang dirancang khusus untuk tujuan pemasaran atau promosi. Tujuannya adalah untuk mengarahkan pengunjung ke tindakan tertentu, seperti mendaftar, membeli, atau mengisi formulir. Kegiatan inilah yang disebut dengan convertion rate. Halaman inilah yang ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar (paid search). Membuat landing page merupakan upaya meningkatkan pengalaman pengunjung di website. Sebab, ketika pengunjung sudah nyaman, mereka akan mau membeli produk, atau melakukan aktivitas online lainnya.
Kata kunci: Digital Marketing; Social Media Marketing; Landing Page; Convertion Rate.