PEMANFAATAN APLIKASI CAPCUT UNTUK EDITING VIDEO BAHAN PEMBELAJARAN BAGI GURU MTs MATHLA'UL ANWAR NURUL KAMAL BOGOR

Authors

  • Atang Susila Universitas Pamulang
  • Karno Nano Universitas Pamulang
  • Dede Sahrul Bahri Universitas Pamulang

Abstract

MTs. Mathla’ul Anwar Nurul Kamal merupakan salah satu MTs yang berada di Kabupaten Bogor  memiliki jumlah siswa yang cukup banyak dan telah memiliki berbagai sarana seperti gedung untuk pembelajaran dan praktek, sarana olah raga, dan sarana peribadatan. Proses pembelajaran selama ini masih dilaksanakan secara konvensional meskipun teknologi multimedia sudah sangat banyak yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka telah dilaksanaka workshop pemanfaatan aplikasi Capcut untuk pembuatan bahan ajar terhadap 17 orang guru. Dengan workshop ini guru memiliki kemampuan dalam merancang bahan ajar dan dapat meningkatkan motivasi, wawasan, pengetahuan dan keterampilan untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam pengembangan bahan ajar di sekolah dalam rangka  meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Hasil evaluasi penyelenggaraan diperoleh bahwa materi workshop cukup menarik dan dibutuhkan oleh para guru, sangat bermanfaat, dan workshop semacam ini perlu dilaksanakan lagi dengan materi yang lebih tinggi.

References

Agustriana, E. (2014). Efektivitas-Penggunaan-Video-Pembelajara. Artikel Penelitian, 4–5.

Deriyan, L. F., & Nurmairina. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Aplikasi CapCut di Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA), Vol. VII, 1–10. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/1332

Firmansah, S., Jaya, F., & Seituni, S. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Aplikasi Capcut Pada Mata Pelajaran Desain Publikasi Materi Photoshop Dasar Siswa Kelas Xi Jurusan Desain Komunikasi Visual Smk Al – Falah Pesanggrahan Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo. Holistic Science, 1(2), 21–24. https://doi.org/10.56495/hs.v1i2.21

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit%0AE-ISSN:

Purnama, B. J. (2022). Workshop Teknik Kelompok sebagai Strategi Efektif Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Instrumen Penilaian. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 308–316. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.445

Rahayu, I. D. (2022). Penerapan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IX-A SMP Negeri 2 Gudo. Petisi, 03(02), 44–50.

Ramadhani, F. (2023). Pemanfaatan Model Pembelajaran Langsung Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan Islam [JIPPI], 1, 13–23.

Safitri, D., & Jamilah, F. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUT PADA KELAS XI MAN 2 YOGYAKARTA. Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Universitas PGRI Yogyakarta, 8.5.2017, 2003–2005. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Published

2023-10-14