PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER APLIKASI PAINT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN CAHAYA KASIH
Abstract
ABSTRAK
Media Pembelajaran Berbasis Komputer Aplikasi Paint untuk meningkatkan minat belajar anak usia dini di taman Pendidikan al-quran Cahaya Kasih merupakan salah satu pelatihan yang akan diberikan kepada anak Usia dini dalam rangka Pengabdian kepada masyarakat. Anak Usia Dini merupakan masa yang optimal pada masa perkembangannya. Pada masa ini seluruh kemampuan dirinya baik kognitif, fisik motorik, bahasa, sosial emosional dan moral, berkembang sangat pesat. Kini dunia pendidikan terus berkembang, perkembangan teknologi ini tidak hanya dirasakan bagi orang tua saja tetapi sudah merambah ke Pendidikan Anak Usia Dini.Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk mengetahui apakah media pembelajaran berbasis komputer aplikasi Paint dapat meningkatkan minat belajar anak Usia Dini dalam semua pembelajaran, karena media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan guru untuk mempermudah dalam penyampaian materi pembelajaran. Media pembelajaran yang akan diberikan yaitu media pembelajaran berbasis komputer aplikasi paint yang dapat digunakan untuk menstimulus kemampuan anak khususnya dalam aspek belajar dan pemecahan masalah, berfikir logis, dan simbolik. Subjek pada pelatihan merupakan anak kelompok A sampai C di Taman Pendidikan Al-quran Cahaya Kasih sebanyak 20 anak. Sebagai langkah awal metode kegiatan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini meliputi survey dan wawancara dengan siswa atau santri anak Usia Dini meliputi observasi, pengumpulan data yang berhubungan dengan pembelajaran/ pengaplikasian, serta studi pustaka sebagai dasar untuk memperoleh referensi yang baik agar pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini melalui pelatihan pembelajaran berbasis komputer dengan media Paint dapat dijadikan media yang menarik dan menyenangkan dalam meningkatkan minat belajar Anak Usia Dini, sehingga dapat menstimulus perkembangan anak serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir anak.
Kata kunci: Aplikasi, paint, media, dan pembelajaran,