SOSIALISASI PENTINGNYA PEMANFAATAN BANNER DALAM MENDORONG SUKSESNYA UMKM DI KOTA PONTIANAK
Abstract
Latar belakang kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini muncul dari kendala yang dihadapi pelaku UMKM dalam meningkatkan daya tarik penjualan akibat kurangnya pemanfaatan tren visual seperti banner. Pembuatan banner sering dianggap sulit karena membutuhkan keahlian khusus dalam pengeditan, menyebabkan sebagian besar pelaku usaha enggan menggunakannya. Banyak pelaku usaha lebih suka menggunakan kertas yang ditulisi dengan spidol dan hanya mencantumkan harga sebagai bentuk promosi. Permasalahan lain yang dihadapi pelaku UMKM adalah kurangnya kesadaran akan potensi hasil yang dapat diperoleh ketika memanfaatkan banner sebagai alat strategi pemasaran. Berdasarkan fakta tersebut, maka telah dilaksanakan program pengabdian kepada masyarakat telah di wilayah Kota Pontianak. Kegiatan ini mencakup penyampaian materi tentang pemanfaatan banner dan pembuatan desain banner. Adanya pengabdian kepada masyarakat melalui melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dapat mendorong kesuksesan UMKM di Kota PontianakReferences
Abror, A. R. Psikologi Pendidikan.
Yogyakarta: PT. Tiara Wacana,
Kotler, P. & Kaller K.P. Marketing
Management. New Jersey:
Prentice Hall, 2012.
Purnamasari, et al. “Strategi Pemasaran
dalam Membangun Brand Image
pada Sekolah Aluna Montessori
Jakarta.†JIKOM, 2020: 20.
Stokes, et al. Small Business
Management and
Entrepreneurship. Boston:
Cengage Learning, 2010.
Wawan, et al. “Pembuatan Spanduk Dan
Labeling Produk Sebagai
Pemenuhan Startegi Pemasaran
Produk Kerupuk Dan Keripik
Pisang Di Desa Balangpesoang.â€
Jurnal Pengabdian Masyarakat
Ekonomi dan Hukum (JPMEH),
: 20-27.
Downloads
Published
2024-09-26
Issue
Section
Articles