SOSIALISASI PENTINGNYA PEMANFAATAN BANNER DALAM MENDORONG SUKSESNYA UMKM DI KOTA PONTIANAK

Authors

  • WALDI WALDI Universitas Tanjungpura
  • Syarifah Siti Wartini
  • Tesa Lonika

Abstract

Latar belakang kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini muncul dari kendala yang dihadapi pelaku UMKM dalam meningkatkan daya tarik penjualan akibat kurangnya pemanfaatan tren visual seperti banner. Pembuatan banner sering dianggap sulit karena membutuhkan keahlian khusus dalam pengeditan, menyebabkan sebagian besar pelaku usaha enggan menggunakannya. Banyak pelaku usaha lebih suka menggunakan kertas yang ditulisi dengan spidol dan hanya mencantumkan harga sebagai bentuk promosi. Permasalahan lain yang dihadapi pelaku UMKM adalah kurangnya kesadaran akan potensi hasil yang dapat diperoleh ketika memanfaatkan banner sebagai alat strategi pemasaran. Berdasarkan fakta tersebut, maka telah dilaksanakan program pengabdian kepada masyarakat telah di wilayah Kota Pontianak. Kegiatan ini mencakup penyampaian materi tentang pemanfaatan banner dan pembuatan desain banner. Adanya pengabdian kepada masyarakat melalui melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dapat mendorong kesuksesan UMKM di Kota Pontianak

Author Biography

WALDI WALDI, Universitas Tanjungpura

Saya, WALDI, adalah seorang mahasiswa aktif di program studi Manajemen, yang saat ini menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. Minat utama saya terletak pada bidang manajemen, dengan fokus khusus pada strategi bisnis, inovasi, dan pengembangan organisasi.

Pengalaman akademis saya mencakup penerapan konsep-konsep manajemen dalam konteks dunia nyata, serta eksplorasi terhadap peran inovasi dalam mencapai keunggulan kompetitif. Saya tertarik untuk berkontribusi dalam pemahaman lebih lanjut tentang dinamika manajemen dalam konteks bisnis modern melalui penelitian yang mendalam.

References

Abror, A. R. Psikologi Pendidikan.

Yogyakarta: PT. Tiara Wacana,

Kotler, P. & Kaller K.P. Marketing

Management. New Jersey:

Prentice Hall, 2012.

Purnamasari, et al. “Strategi Pemasaran

dalam Membangun Brand Image

pada Sekolah Aluna Montessori

Jakarta.†JIKOM, 2020: 20.

Stokes, et al. Small Business

Management and

Entrepreneurship. Boston:

Cengage Learning, 2010.

Wawan, et al. “Pembuatan Spanduk Dan

Labeling Produk Sebagai

Pemenuhan Startegi Pemasaran

Produk Kerupuk Dan Keripik

Pisang Di Desa Balangpesoang.â€

Jurnal Pengabdian Masyarakat

Ekonomi dan Hukum (JPMEH),

: 20-27.

Downloads

Published

2024-09-26