PEMBERDAYAAN DIGITAL MARKETING MELALUI MEDIA SOSIAL TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN NURUSSOLIH DESA GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG
Abstract
Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) merupakan jenjang pendidikan yang menitik beratkan pada pembelajaran Al-Qur'an. Pembelajaran atau materi yang diberikan akan berpengaruh pada pengembangan pengetahuan santri. Namun, penyampaian materi yang tepat bukanlah suatu hal yang mudah. Hal tersebut dikarenakan minimnya kondisi SDM seperti kurangnya pengajar di TPQ dan belum mempunyai tempat sendiri sehingga masih menumpang di SMP Nusantara Desa Gedangan. Selain itu adapun permasalahan lain yang dihadapi TPQ Nurussholih kurangnya pengetahuan masyarakat di sekitar Desa Gedangan yang belum mengetahui tentang profil TPQ tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui betapa pentingnya promosi media untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang profil TPQ Nurussholih guna meningkatkan pemasaran dari TPQ tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Partisipatory Action Research (PAR) dengan terjun dan terlibat secara langsung dalam kegiatan belajar mengajar di TPQ. Bimbingan terkait pemberian materi yang tepat, yang disesuaikan dengan permasalahan yang ada kepada santri. Serta pelatihan terhadap pengajar yang dilakukan dengan pelatihan dan sosialisasi pemanfaatan media sosial yaitu Instagram sebagai media promosi terhadap TPQ nurussholih Desa Gedangan.