PELATIHAN EDMODO UNTUK PROSES PEMBELAJARAN LEBIH INTERAKTIF DAN TERORGANISIR BAGI SMP KEBANGSAAN PONDOK AREN

Authors

  • Ines Heidiani Ikasari Universitas Pamulang
  • Tri Hidayati Universitas Pamulang
  • Ita Handayani Universitas Pamulang
  • Dena Wulandari Universitas Pamulang
  • Widyah Noviana Universitas Pamulang

Abstract

Dalam implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT/ Information and Communication Technology) di sistem pendidikan formal, tentunya berkaitan dengan semua elemen dalam sekolah. Lemahnya kemampuan pendidik dalam menyelenggarakan pengajaran berbasis ICT, juga kesiapan sarana dan prasarana merupakan hal yang harus diperhatikan dengan matang. Dengan memanfaatkan ICT, yaitu e-learning, dapat mendukung proses pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMP Kebangsaan Pondok Aren adalah dengan pelatihan dan praktek secara langsung cara menggunakan platform e-learning, yaitu EDMODO. EDMODO merupakan salah satu platform e-learning yang dapat membuat proses pembelajaran dapat menjadi lebih interaktif dan terorganisir, dikarenakan hubungan antara orang tua, murid dan orang tua/wali murid dalam proses pembelajaran dapat saling terkoneksi satu sama lain. Sehingga prestasi belajar anak pun diharapkan dapat lebih meningkat.

References

Cauley, P. 2012. A guide to explain it all. Version 3.1. IT Babble.com

Kristiawan, M. 2014. A Model for Upgrading Teachers Competence on Operating Computer as

Assistant of Instruction. Global Journal of Human-Social Science Research, 14(5).

Setiawan, J. 2013. Penerapan Sistem E-learning pada Komunitas Pendidikan Sekolah Rumah ( Home

Schooling ). ULTIMA InfoSys, IV(1), 45–51.

https://doi.org/10.1109/ISAPE.2006.353476

Sucahyono, B. 2016. Analisa Efisiensi Penerapan Media Ajar Berbasis Digital Class pada SMPN 4

Pamekasan. Jurnal Insand Comtech 1 (1), 27-31

Published

2020-02-27