SASTRA MASUK SEKOLAH (SMS) PEMBINAAN MENULIS KARYA SASTRA BAGI SISWA DI KECAMATAN SURALAGA
Abstract
Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pembinaan dalam bidang kepenulisan karya sastra bagi siswa. Kegiatan ini merupakan upaya untuk menumbuhkan kemampuan literasi kritis siswa, khususnya melalui keterampilan menulis. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai cara untuk mendekatkan sekolah dan siswa dengan karya sastra. Metode pelaksanaannya, Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dengan cara memberikan pelatihan dan pembimbingan secara berkelanjutan. Pelatihan dilakukan selama tiga hari kepada siswa/peserta. Pelatihan ini dilakukan dengan dua cara, yaitu inclass dan outclass Pelatihan inclass dilakukan untuk memberikan pemahaman yang sama tentang menulis karya sastra kepada siswa/peserta, sedangkan pelatihan outclass dilakukan untuk mengasah kepekaan, daya kritis, dan intuisi siswa/peserta untuk menangkap setiap permasalahan yang ada di sekitar mereka untuk dijadikan sebagai bahan dalam menulis karya sastra. Berdasarkan hasil pelaksanaan, pemahaman tentang karya sastra lebih baik dari sebelumnya. Begitu juga dengan keterampilan menulis siswa semakin meningkat dan lebih baik, Ini dibuktikan dengan hasil karya sastra yang mereka buat dalam bentuk antologi puisi. Puisi yang mereka buat bervariasi, baik dari tifografi, tema, dan isinya. Para siswa semangat dan antausias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dengan adanya kegiatan pembinaan penulisan karya sastra di sekolah dapat membantu siswa dan pihak sekolah lebih mengenali literasi sastra, terutama dalam hal bidang kepenulisan karya sastra. Disisi lain, dengan adanya pembinaan penulisan karya sastra di sekolah dapat membantu guru membentuk Gerakan Literasi Sekolah di sekolah masing-masing, mengingat masih sangat menim di lingkungan sekolah, sehingga perlu adanya kegiatan yang sejanis dengan tujuan meningkatkan komptensis dan kecintaan siswa dalam membaca dan menulis.References
Abbas. (2016). Peningkatan Keterampilan Bercakap Bahasa Inggris TK/TPA di Kabupaten Tarakan.
Jurnal PanritaAbdi, 40-46.
Kartika, D. Y. (2017). Pengenalan Bahasa Jepang Bagi Guru dan Siswa. Jurnal Pengabdian dan
Pemberdayaan Masyarakat, 161-165.
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali Press.
Permendikbud. (2015). Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Permendikbud Nomor 25.
Supriyanto, S. (2017). Teater sebagai Media untuk Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pengabdian
kepada Masyarakat, 96-107.
Susilo, B. R. (2017). Membangun Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning) Bagi Guru Sekolah Dasar
Pinggiran Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat
(JPMI), 1-6