PENGARUH PENGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATAPELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII DAN KELAS XI DI PONDOK PESANTREN MAFATIH 1453 BOGOR
Abstract
Media pembelajaran adalah sebuah alat yang cukup penting dan bisa sangat menolong para guru dalam memberikan materi pengajaran. Pemberian materi ajar melalui metode audio visual atau dengan media lain selain berbentuk tulisan lebih mudah dimengerti oleh peserta didik, namun tetap saja pemberian materi ajar tergantung dari teknik pemberian materi oleh guru bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mempelajari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya mata pelajaran Biologi baik sebelum ataupun sesudah menggunakan media aplikasi power point, dan untuk mengetahui efek penggunaan aplikasi power point terhadap minat belajar Biologi siswa di tingkat SMP dan di tingkat SMA di Pesantren Mafatih 1453 Bogor. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kuantitatif dimana langkah-langkah penelitian ini dilakukan bereksperimen dengan tahap pre-eksperimental design jenis one group pre-test pos test design. Subjek penelitian ini adalah semua siswa-siswi SMP dan SMA pada Pesantren Mafatih 1453 Bogor yang dipilih memakai teknik random sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis inferensial dan teknik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, tes pertama (pre-test) dengan jumlah rata-rata 52%, tes kedua (pos test) rata-rata 68%. Selain dilihat dari pencapaian rata-rata persentase skor minat, didalam uji t juga menjelaskan bahwa nilai thitung -8,479 berdasarkan tabel distribusi t, nilai ttabel untuk df = 35 sebesar 2,042, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan nilai thitung < -ttabel, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 di tolak, artinya terdapat pengaruh penggunaan media power point terhadap minat belajar siswa Pesantren Mafatih 1453 Bogor.References
Amin, Syaiful. 2011. Pewarisan Nilai Biologi Lokal Melalui Pembelajaran Biologi Jalur Formal dan
Informal Pada Siswa SMA di Kudus Kulon. Jurnal Paramita: Vol. 21, No. 1.
Atno. 2011. Evektivitas Media CD Interaktif Dan Media VCD Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa
SMA Negeri Di Banjarnegara Ditinjau Dari Tingkat Motivasi Belajar. Jurnal Paramita. Vol. 21
No. 2.
Elpira, Nira. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA
Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 2 No.1.
Hidayat, Heri, dkk. 2013. Read Interest CoRelational With Student Study Performance in IPS Subject
Grade IV (Four) In State Elementary School 1 Pagerwangi Lembang. Journal of Scientific and
Technology Research: Vol. 2, No. 1.
Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Kahayun. 2015. Pengaruh Gallery Walk Terhadap Minat Belajar Biologi DI SMA N 1 Natar. Jurnal
FKIP Unila. Vol.5 No.2.
Munib, Achmad. 2015. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Pramono, Eko S. 2012. Perbaikan Kesalahan Konsep Pembelajaran Biologi. Jurnal Paramita. Vol. 22,
No. 2.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Suryadi, Andy. 2012. Pembelajaran Biologi dan Problematikanya. Jurnal Historia Pedagogia: Vol. 1,
No. 1.
Suryani, Nunuk. 2016. Utilization of Digital Media to Improve the Quality and Attractiveness of The
Teaching of History. Journal Internasional
Conference on Teacher Training and Education (ICTTE) Sebelas Maret University. Vol. 2, No. 1.
Utomo, Budi, dkk. 2018. Wayang Suluh Sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Paramita.
Vol. 28 No.1.