Pengenalan Dasar Pemrograman untuk Siswa SMP YPUI Parung
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dasar-dasar pemrograman kepada siswa SMP YPUI Parung sebagai upaya meningkatkan literasi teknologi dan pemahaman logika berpikir di kalangan pelajar. Metode yang digunakan meliputi pendekatan interaktif berbasis proyek melalui dua tahap, yaitu pengenalan pemrograman visual menggunakan Scratch dan pemrograman teks menggunakan Python. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dengan proses koordinasi bersama pihak sekolah, penyusunan modul, dan persiapan fasilitas pendukung. Evaluasi pemahaman dilakukan melalui pre-test dan post-test, serta observasi langsung selama kegiatan. Umpan balik positif dari siswa mengindikasikan bahwa pendekatan ini efektif dan menyenangkan, meskipun terdapat hambatan awal dalam memahami sintaks Python. Secara keseluruhan, program ini berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan, yaitu memperkenalkan dasar-dasar pemrograman dan mendorong minat siswa untuk terus mempelajari teknologi di masa depan. Keberhasilan kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal untuk program lanjutan dengan materi yang lebih mendalam dan fasilitas pendukung yang lebih memadai.
References
Putri, D. M., & Supardi, S. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Pemahaman Dasar Pemrograman pada Siswa SMP. Jurnal Edukasi dan Teknolog Pendidikan, 6(2), 105-115. doi:10.23887/jetp.v6i2.21703
Herawati, R., & Sulisworo, D. (2017). Penggunaan Scratch untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Pemrograman Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Teknologi Pendidikan,19(1), 23-31. doi:10.23887/jtp.v19i1.3014
Sutopo, A. H., & Fadhilah, N. (2018). Pengaruh Pembelajaran Pemrograman Berbasis Proyek terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JPTIK), 2(2), 87-96. doi:10.32585/jptik.v2i2.1057
Rahmawati, R., & Wibowo, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Melalui Pembelajaran Pemrograman dengan Scratch pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan (JITP), 8(3), 256-264. doi:10.21009/jitp.v8i3.1320
D. Yunita, M. Fansyuri, Khoirunnisya, S. E. Tassia, and Nurhasanah, “Optimalisasi Penggunaan Internet Sehat dan Aman dengan DNS Nawala,” JPP Iptek, vol. 8, no. November, pp. 167–174, 2024, doi: 10.31284/j.jpp-iptek.2024.v8i2.1901.
Rahmawati, D. Yunita, R. Vindua, and M. Fansyuri, “Analisis Ketersediaan Fasilitas Sosial di Kabupaten Banjarnegara, sebagai Pendukung Kondisi Darurat Bencana dan Pengembangan Wilayah,” J. Indimas (Indonesia Mengabdi Kpd. Masyarakat), vol. 18, no. 2, p. 128, 2018, doi: 10.23887/mkg.v18i2.12517
Nurjanah, S., & Haryanto, H. (2021). Penggunaan Pendekatan Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Pemrograman Dasar di SMP. Jurnal Pendidikan Informatika, 5(1), 11-19.doi:10.36709/jpi.v5i1.1732
Sari, Y. P., & Munir, M. (2020). Pembelajaran Pemrograman Python untuk Pemula pada Siswa SMP. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, 7(2), 34-42. doi:10.23969/jtikp.v7i2.1957 Arsyad, M., & Amran, A. (2019).
Implementasi Model Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Pemahaman Pemrograman Siswa SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan (JITP), 11(1), 67- 75. doi:10.21831/jitp.v11i1.2185
Kurniawan, I., & Setiawan, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemrograman Dasar Siswa Melalui Pendekatan Game Development dengan Scratch. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi (JIFSI), 4(2), 140-150. doi:10.32609/jifsi.v4i2.984
Dwi, S., Kusuma, Y., Islami, H. Al, Wicaksono, B. S., Nurlaila, F., & Apriyanto, B. (2020). Pelatihan Web Desain dan Help Desk Bagi Siswa Prodi Teknik Komputer Jaringan (TKJ) Pada SMK YPUI Parung. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1).
Sofyan, A. R. (2022). Implementasi Load Balancing Web Server menggunakan Haproxy pada Virtual Server Direktorat SMK Kemendikbudristek. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.