Pengenalan Kecedasan Buatan Untuk Pelajar Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Al Mujahidin

Authors

  • agungyappi Agung Tri Lestari Universitas Ahmad Dahlan
  • Rinday Zildjiani Salji
  • Nadia Wati Aprianti
  • Deni Kuswandani
  • Nilam Tri Astuti
  • Murinto
  • Herman
  • Abdul Fadlil

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini dirancang untuk memperkenalkan konsep dasar kecerdasan buatan (AI) kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. Latar belakang kegiatan ini adalah adanya kesenjangan antara pesatnya perkembangan teknologi digital, khususnya AI, dan minimnya pemahaman pelajar SMP tentang teknologi tersebut. Melalui serangkaian workshop interaktif dan edukatif, program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman awal tentang konsep AI, mendemonstrasikan contoh aplikasi AI dalam kehidupan sehari-hari (seperti asisten virtual dan sistem rekomendasi), serta mendiskusikan dampak positif dan negatifnya. Metode implementasi melibatkan pemaparan materi yang disederhanakan dan menarik, penggunaan media visual, permainan interaktif, dan simulasi. Hasil yang diharapkan dari program ini adalah peningkatan literasi digital siswa, tumbuhnya minat dan rasa ingin tahu terhadap teknologi, serta terbentuknya pondasi untuk pemahaman yang lebih mendalam tentang AI di masa depan.

References

Prabowo, H., & Sari, D. (2023). Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 5(1), 15-25.

Sari, R. A., & Rahman, A. (2022). Meningkatkan Literasi Digital Siswa Melalui Pengenalan Kecerdasan Buatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 45-58.

Arya, I., & Zakariyya, A. (n.d.). Manfaat kecerdasan buatan untuk pendidikan. Jurnal Pendidikan, 2(1).

Liriwati, F. Y. (2023). Transformasi kurikulum: Kecerdasan buatan untuk membangun pendidikan yang relevan di masa depan. Jurnal Pendidikan Masa Depan, 1, 62–71.

Karyadi, B. (2023). Pemanfaatan kecerdasan buatan dalam mendukung pembelajaran mandiri. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 253–258. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/EDUCATE/article/view/14843

Fansyuri, M., & Yunita, D. (2023). Implementasi K-Nearest Neighbor Untuk Klasifikasi Jenis Kelamin Berdasarkan Analisis Citra Wajah. Klik, 3(6), 1208–1216. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.827

Mahesa, F. (2024). Kecerdasan buatan dalam pendidikan: Peluang dan tantangan pemanfaatannya untuk personalisasi pembelajaran. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(6), 146–152. https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/1675

Sappaile, B. I., Hasanuddin, M., & Hartati, N. (2024). Analisis pengaruh pembelajaran adaptif berbasis kecerdasan buatan terhadap pencapaian akademik siswa sekolah menengah atas di era digital. Jurnal Pendidikan West Science, 2(1), 25–31. https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpdws/article/view/937

Susmita, N., Hardianti, A., & Candra, Y. (2024). Pemanfaatan media kecerdasan buatan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tingkat sekolah menengah atas: Perspektif siswa. Visipena, 15(1). https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2688

Rahmayantis, M. D., Harjono, A., & Yustitia, D. (2025). Pemanfaatan artificial intelligence dan literasi digital untuk pembelajaran menulis di sekolah dasar. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 6(1). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jpu/article/view/14529

Downloads

Published

2025-06-20