PELATIHAN WOLFRAM CDF PLAYER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SD
Abstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam memanfaatkan teknologi IT dalam pembelajaran matematika dalam hal ini memanfaatkan Wolfram CDF Player dan mengembangkan alat peraga matematika berbasis komputer yang sesuai dengan model pembelajaran matematika, sampai diperoleh suatu produk alat peraga. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode demonstrasi, tanya jawab dan diskusi. Peserta pelatihan adalah 20 siswa-siswi SD N 1 Sawahan. Analisis data hasil pelatihan ini di analisis menggunakan uji t sampel berpasangan dengan software SPSS. Hasil pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pelatihan Wolfram CDF Player, dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi bilangan bulat.
References
Fadillah, S., Susiaty, U. D., & Ardiawan, Y. (2019). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 2.
Mazaly, M. R., & Ramadhani, R. (2020). KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang PELATIHAN PENYELESAIAN MASALAH SEHARI-HARI MENGGUNAKAN KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 61–69.
Nugraha, D. A., & AA. Gde Somatanaya. (2018). Jurnal Pengabdian Siliwangi PELATIHAN PERANCANGAN DAN APLIKASI ALAT PERAGA MATEMATIKA Jurnal Pengabdian Siliwangi E-ISSN 2615-4773. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 4, 186–191.
Pasaribu, F. T., Sofnidar, S., Iriani, D., & Ramalisa, Y. (2019). Pelatihan Merancang Pembelajaran matematika Yang Inovatif. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.31960/caradde.v2i1.126
Santoso, B., & Umar, S. A. (2020). KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang PENGARUH PENGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN PADA SISWA KELAS VII DAN KELAS XI DI PONDOK PESANTREN MAFATIH 1453 BOGOR KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pam. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 139–148.
Wahyuningtyas, D. T., & Shinta, R. N. (2017). Pelatihan Media Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 Bagi Guru Sekolah Dasar Di Gugus 9 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Dedikasi, 14(5), 9.
Zuliana, E., Retnowati, E., & Widjajanti, D. B. (2019). How should elementary school students construct their knowledge in mathematics based on Bruner’s theory? Journal of Physics: Conference Series, 1318(1), 6–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012019