PENGEMBANGAN UKM WARUNG MAKAN “NDELIK” PINANG

Authors

  • dewi astuti herawati Universitas Setia Budi
  • Andang Arif Wibawa Universitas Setia Budi, Surakarta
  • Prima Indra Budianto Universitas Setia Budi, Surakarta

Abstract

Program pengabdian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan pendapatan Mitra UKM Warung Makan “Ndelik†dengan masakan utama aneka mie, bihun, goreng dan rebus serta nasi goreng Usaha peningkatan pendapatan melalui sarana promosi, meningkatkan tingkat penjualan melalui optimalisasi dan intensifikasi pemasaran online dan offline. Pemasaran yang baik harus diikuti dengan meningkatnya kualitas dan kuantitas produk. Peningkatan kualitas produk pada Mitra dilakukan melalui introduksi teknologi dalam proses memasak sehingga dapat mendukung pemasaran. Peningkatan kuantitas secara offline pada Mitra dengan perbaikan tempat (display) warung makan sehingga menarik dan meningkatkan minat beli konsumen. Metode dilakukan dengan pendekatan observasi, wawancara, diskusi, pelatihan sistem serta melengkapi peralatan yang belum ada untuk mendukung percepatan proses produksi, dan pendampingan. Pendampingan dilakukan pada Mitra agar usahanya berkelanjutan dan meningkatkan pendapatan pengusaha tersebut. Berdasarkan program kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berguna sekali bagi pengembangan Mitra. Mitra mendapatkan pengetahuan baru tentang mengelola   usaha kuliner, khususnya pengelolaan manejemen keuangan. Mitra dapat meningkatkan kapasitas produksi dan penghasilannya.

Kata kunci : warung makan,  kuliner, produk,  online

Author Biographies

dewi astuti herawati, Universitas Setia Budi

S1 Teknik Kimia Fakultas Teknik

Andang Arif Wibawa, Universitas Setia Budi, Surakarta

D4 Analis Kesehatan, Fakultas Ilmu Kesehatan

Prima Indra Budianto, Universitas Setia Budi, Surakarta

S1 Teknik Kimia, Fakultas Teknik

References

Lazuardi, M.dan Triady, M. S. Ekonomi Kreatif: Rencana Pengembangan Kuliner Nasional 2015-2019. Jakarta. xv+106 hlm.

Ramadhan, D. R. 2017. Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Menghadapi Asean Economic Community (AEC). http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16728. diakses 27 April 2019.

Wilantara, R. F. dan Indrawan,R. 2016. Pengembangan UMKM Strategi dan Kebijakan. https://docplayer.info/68264169-Pengembangan-umkm-strategi-dan-kebijakan-rio-f-wilantara-rully-indrawan-editor-rully-indrawsn-bandung-strategi-dan-kebijakan-pengembangan-umkm.html Diakses 28 April 2019

Downloads

Published

2020-07-21