Peningkatan Kemampuan dan Keterampilan Siswa di Bidang TIK Berbasis SKKNI Pada SMK YPUI Parung
Abstract
Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Penerapan SKKNI secara wajib oleh instansi teknis dan pemberlakuan SKKNI berlaku bagi tenaga kerja Indonesia dan tenaga asing yang bekerja di Indonesia. Namun, pada kenyataannya banyak dari calon tenaga kerja yang belum memenuhi standar tersebut bahkan belum mengetahui adanya penerapan SKKNI khususnya di kalangan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), karena kurangnya sosialisasi tentang SKKNI. Oleh karena itu, melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tim pelaksana melakukan kegiatan berupa penyuluhan, pendampingan, dan pemberian bekal kepada para siswa – siswi SMK YPUI Parung mengenai kesiapan diri menghadapi dunia kerja dengan bekal keterampilan dan pengetahuan sesuai SKKNI. Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari siswa – siswi SMK YPUI Parung dan para siswa mendapat pengetahuan baru mengenai SKKNI.
Kata Kunci : Standar Kompetensi Kerja, Sekolah Menengah Kejuruan, SKKNI
References
Lantip, P. D., & Riyanto. (2011). Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Mangkunegara, A. P. (2012). Evaluasi Kinerja SDM (Cetakan Keenam). In PT. Refika Aditama.
Menteri Ketenagakerjaan. (2016). Peraturan Menteri Ketenagakerjaan tentang Tata Cara Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Nomor 3 Tahun 2016. Republik Indonesia.