PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI BUDAYA LELE DAN SAYURAN DALAM EMBER BAGI WARGA RW 05 TJ. DUREN UTARA JAKARTA BARAT

Authors

  • Didin Hikmah Perkasa Universitas Dian NUsantara
  • Ryani Dhyan Parashakti
  • Encik Latifah Hanum

Abstract

Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini untuk berbagi ilmu dengan masyarakat di sekitar kampus universitas dian nusantara. Peserta dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah warga RW 05 Kelurahan Tanjung Duren Utara Jakarta Utara sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini memberikan pengetahuan berbisnis dengan teori-teori yang relevan dan langsung praktek cara berbisnis, bagaimana menyiapkan sarana dan prasarana. Kegiatan ini memiliki beberapa tahapan antara lain mengajukan permohonan kerjasama dengan pimpinan wilayah sekitar, membuat surat izin kegiatan pada koramil untuk membantu mengawasi kegiatan karena waktunya bersamaan dengan pembatasan sosial dan masih dalam kondisi pandemic Covid 19, dan terakhir tahap pelaksanaan. Hasilnya desa tersebut melakukan strategy melalui program yang dikembangkan  yaitu budidaya ikan lele dan sayuran menggunakan ember.

References

Badrianto, Y., & Ekhsan, M. (2020). strategi pengembangan sumber daya manusia melalui pemberdayaan dan peningkatan kualitas lingkungan desa cikedokan. kommas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Supendi, S., & Maulana, M. R. (2015). teknik pembesaran ikan lele dengan sistem akuaponik. Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur, 13(2), 101-106.

Yunus, T., & Tuiyo, R. (2014). Pengaruh Padat Penebaran Berbeda terhadap Pertumbuhan Benih Ikan Lele Sangkuriang di Balai Benih Ikan Kota Gorontalo. The NIKe Journal, 2(3).

Published

2021-05-08