Implementasi Nilai-Nilai Toleransi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan Pada Siswa

Authors

  • Anggita Muliani Universitas Pamulang
  • Roni Rustandi Universitas Pamulang

Keywords:

Implementasi, Toleransi, PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi nilai-nilai toleransi dalam mata pelajaran PPKn, serta mengetahui factor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai toleransi dalam mata pelajaran PPKn. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, display, dan selective coding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik sudah mengimplementasikan nilai-nilai toleransi dalam mata pelajaran PPKn dengan baik. Adanya factor pendukung berupa kegiatan pembelajaran yang demokratis dan program sekolah yang objektif. Namun terdapat pula factor penghamabat implementasi nilai-nilai toleransi berupa sikap pasif atau cuek, dan adanya latar belakang peserta didik yang beraneka ragam. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa program sekolah dan kegiatan pembelajaran berusaha meminimalisir perilaku pasif atau cuek dengan berupaya meningkatkan kesadaran tanah air.

 

References

Amir, S. & H. (2018). Pencegahan Sikap Intoleransi Pada Siswa Melalui Penguatan Pendidikan Pancasila. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1, 52–62.

Baehaqi, M. L. (2020). Cooperative Learning Sebagai Strategi Penanaman Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 157–174.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

Haryati, T., & Khoiriyah, N. (2017). Analisis Muatan Nilai Karakter Dalam Buku Teks Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Smp Kelas Viii. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 1–9.

Izazti, A. firda. (2021). Pentinganya Sikap Toleransi Dan Empat Dalam Mewujudkan Warga Negara Yang Baik (Good Citizenship) Di Masa Pandemi. Jurnal Kalacakra. 02, 85–90.

Mokodenseho, S., & Wekke, I. S. (2017). Toleransi Beragama dan Pembelajaran Agama Islam. Prosiding Seminar Nasional &Temu Ilmiah Jaringan Peneliti, 67–75.

Muntaha, P. Z., & Wekke, I. S. (2017). Paradigma Pendidikan Islam Multikultural: Keberagamaan Indonesia dalam Keberagaman. Intizar, 23(1), 17.

Nasional, U. S. P. (1982). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 71, 6–6.

Nugrahastuti, E., Puspitaningtyas, E., Puspitasari, M., & Salimi, M. (2016). Nilai-Nilai Karakter pada Permainan Tradisional. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat, 265–273.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173.

Sari, Y. M. (2016). Pembinaan Toleransi Dan Peduli Sosial Dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 15–26.

Setiawati & Sulastri. (2020). Evaluasi Implementasi Peraturan Presiden No.87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 79.

Telaumbanua, F. (2019). Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Berbasis E-Learning. Telaumbanua, Fatolosa, 62, 14–23.

Toriqularif, M. (2017). Hakikat Dan Sistem Nilai Dalam Konteks Pendidikan (Sistem Nilai: Keluarga, Masyarakat, Kebudayaan dan Agama). Journal Al Falah, XVII(31), 37–56.

Ulfa, Y. D., Ilham, L., & Haris, H. (n.d.). Implementasi Asas Sederhana Cepat Dan Biaya Ringan Dalam Perkara Perceraian Di Pengadilan Agama Kelas Iib Mamuju Sulawesi BaraT. 160–170.

Widiyanto, D. (2017). Penanaman Nilai Toleransi Dan Keragaman Melalui Strategi Pembelajaran Tematik Storybook Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 28–36.

Yuliani, D., Nur, P., Nafisah, S., Dewi, D., & Furi, Y. (2021). Implementasi Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pkn. 8(2), 143–152.

Yulianti. (2021). Penanaman Nilai Toleransi dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 60–70.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Muliani, A., & Rustandi, R. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Toleransi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan Pada Siswa. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 3(1), 96–109. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/29394