Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Bagi para akademisi, praktisi, dan peneliti dalam bidang kewarganegaraan dan pendidikan yang ingin mengirimkan artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan kajian pustaka ke Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, berikut ini pedoman penulisan untuk dapat diikuti.

 

Ketentuan umum:

Semua artikel harus dikirimkan melalui Open Journal Systems (OJS) Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PKn/about/submissions#onlineSubmissions


Komponen artikel:

Artikel yang dikirimkan ke Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan harus memuat beberapa komponen dan sub-komponen berikut ini:

Bagian awal: Judul, Identitas Penulis, dan Abstrak

Bagian isi: Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, dan Kesimpulan

Bagian akhir: Catatan Akhir dan Referensi

 

Ketentuan artikel:

Secara lebih mendetail, berikut ini beberapa ketentuan yang berlaku pada setiap komponen.

Judul: Judul artikel dibuat berbeda dengan judul laporan penelitian dengan mengangkat topik yang paling penting berdasarkan hasil penelitian. Judul maksimum 14 kata.

Identitas Penulis:  Menuliskan nama penulis. Apabila penulis lebih dari satu orang, semua nama penulis dicantumkan. Setelah nama, dituliskan alamat email. Setelah itu nama instansi/institusi/lembaga tempat bekerja. Kemudian terakhir, dituliskan alamat instansi/institusi/lembaga.  Nama penulis diitulis lengkap, tidak boleh disingkat, dan tanpa mencantumkan gelar atau jabatan.

Abstrak:  Abstrak adalah ringkasan yang memberikan informasi singkat tentang; 1) latar belakang; 2) masalah; 3) tujuan; 4) metode penelitian; 5) hasil; 6) kesimpulan; dan 6) saran.  Abstrak dibuat dalam dua bahasa: bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dengan panjang berkisar 150 - 200 kata, dan diakhiri dengan 3 -5 kata kunci.

Pendahuluan:  Pendahuluan menguraikan; 1) latar belakang masalah; 2) rumusan masalah; 3) peneltian terkait yang sudah pernah dilakukan tentang masalah; 4) pembatasan masalah; 5) hipotesis penelitian (untuk penelitian kuantitatif); 6) alasan pentingnya masalah itu diteliti; 7) tujuan penelitian; 8) manfaat hasil penelitian. Dalam artikel ilmiah tidak ada sub-bab kajian teoritis. Teori dalam artikel imliah dikaji secara terintegrasi dalam latar belakang masalah.  Panjang pendahuluan berkisar 20% dari keseluruhan artikel.

Metode:  Metode Penelitian menguraikan; 1) tempat dan waktu penelitian; 2) jenis penelitian; 3) sumber data (termasuk populasi kalau menggunakan); 4) teknik pengambilan sampel (kalau menggunakan); 5) instrumen pengumpulan data; dan 6) teknik analisis data.  Metode penelitian ditulis dalam bentuk paragraf dengan
panjang berkisar 10% dari keseluruhan artikel.

Hasil dan Pembahasan:  Hasil Penelitian menguraikan hasil pengolah data berdasarkan pertanyaan penelitian. Uraian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik, atau diagram untuk mendukung hasil penelitian.  Pembahasan menguraikan salah satu atau lebih pertanyaan penelitian dan masalah yang menurut penulis penting dan menarik. Tidak harus semua pertanyaan penelitian harus dibahas. Selin itu juga dibahas implikasi hasil penelitian dan keterbatasan atau kelemahan penelitian. Pembahasan dapat dikembangkan penulis lebih luas, lebih dalam, dan lebih kritis daripada pembahasan pada laporan lengkap penelitian. Untuk memperkuat pembahasan, penulis dapat menggunakan rujukan teori dan hasil penelitian lain. Isi pembahasan menunjukkan posisi penulis atas hasil penelitian yang ditulis secara kritis, jelas, lugas, dan koheren.  Panjang hasil dan pembahasan berkisar 60-70% dari keseluruhan artikel.

Kesimpulan:  Kesimpulan terdiri atas; 1) kesimpulan; dan 2) saran yang masih terkait dengan masalah dan pembahsan penelitian. Kesimpulan dan saran ditulis dalam bentuk paragaraf yang koheren dan bukan dalam bentuk butir-butir (pointers). Panjang kesimpulan berkisar 5% dari keseluruahn artikel.

Catatan Akhir:  Jika diperlukan, pada akhir artikel dapat disertai dengan catatan akhir yang berisi catatan penting, keterangan simbol, atau ucapan terima kasih terhadap berbagai pihak atas bantuan dalam penulisan artikel.  Panjang catatan akhir disesuaikan dengan kebutuhan.

Referensi:  Tidak semua rujukan pada daftar pustaka laporan lengkap penelitian dicantumkan sebagai referensi artikel. Hanya rujukan yang disebut dalam tubuh artikel yang dicantumkan sebagai referensi. Rujukan yang digunakan sebaiknya semutakhir mungkin. Penulisan referensi mengacu pada format APA.

 

Supaya memudahkan dalam mengikuti pedoman, berikut ini terdapat file yang dapat diunduh terkait dengan pedoman penulisan:

  1. Panduan Penulisan Jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pamulang tahun 2016 [download]
  2. Panduan teknis terkait komponen dan ketentuan artikel Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan [download]
  3. Template artikel Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan [download]

Apabila mengalami kendalam dalam mengikuti pedoman, korespondensi dapat dilakukan melalui email; jurnalppkn@unpam.ac.id

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.