Konsep Perdagangan Syariah dalam Perspektif Al-Quran

Authors

  • Taufikurrahman Universitas Pembangunan Nasional
  • Devin Nabillah Ramadanty Wibowo Universitas Pembangunan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.32493/amq.v2i1.41734

Keywords:

Al-Qur’an, Perdagangan Syariah, Material, Immaterial

Abstract

Al-Qur'an, sebagai kitab suci umat Islam, memberikan petunjuk bagi manusia dalam segala upanya. Dengan memadukan agama, Islam, dan ihsan, ajaran agama melambangkan perilaku luhur. Tidak adanya sinergi antara aspek syariah, Islam, dan Ihsan bagi banyak orang yang menganut perintah agama, sehingga para pelaku bisnis yang menjalankan usahanya sering kali ditemukan memiliki ambisi besar untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan cara apapun, tanpa mempe rtimbangkan masalah etika dalam bisnisnya. pelaksanaan bisnis mereka. dan transaksi komersial yang dilakukan sesuai dengan Syariah agama Islam. Para pedagang harus menghindari penggunaan teknik apa pun untuk memperoleh profit pribadi tanpa mempertimbangkan semua konsekuensi yang dapat merugikan orang lain. Tujuan dari esai ini adalah menggunakan literatur untuk menyelidiki konsep perdagangan syariah dari perspektif Al-Quran. Ada berbagai kata yang berhubungan dengan tema bisnis dalam Al-Quran. Istilah tadayantum, al-bai’u, al Tijarah, serta isytara diantaranya. Menurut Al-Qur'an, bisnis itu bersifat materi dan non-materi, dan mengutamakan hal-hal yang bersifat non-materi atau berkualitas tinggi.

References

Ahmad, A. L. (2016). ENTREPRENEURSHIP DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN DAN ETONOLOGI .

Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 17.

Ajuna, L. H. (2016). KUPAS TUNTAS AL-BA'I. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 97.

Al-Qur'an al-Karim. (n.d.).

Athoilah, M. A. (n.d.). Ekonomi Islam: Transaksi dan Problematikanya. Jurnal Fakultas Syariah dan Hukum

UIN SGD Bandung.

Boni Satria, S. B. (2021). Term Tijarah dalam Perspektif al-Qur’an (Studi Tafsir al-Munir). Thullab: Jurnal

Riset Publikasi Mahasiswa.

Chair, W. (2014). Riba dalam Perspektif Islam. Iqtishadia, 98-113.

Fauroni, L. (2003). REKONTRUKSI ETIKA BISNIS: PERSPEKTIF AL-QUR'AN. IQTISAD Journal of

Islamic Economics Vol. 4, No. 1, 91-106.

Khuza’i, R. (n.d.). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam.

Muchtar, E. H. (n.d.). Konsep Hukum Syariah dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah [2] ayat 168-169 (Kajian

Tematis Mencari Rezeki Halal). Ad-Deenar Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam.

Shobirin. (2015). JUAL BELI DALAM PANDANGAN ISLAM. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 239-261.

Suretno, S. (2018). JUAL BELI DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN. AD-DEENAR Jurnal Ekonomi dan

Bisnis Islam, 93-109.

Sya'idun. (2022). Jual Beli (Bisnis) Dalam Perspektif Hukum Islam. Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14.

Zaroni, A. N. (2007). BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Telaah Aspek Keagamaan dalam Kehidupan

Ekonomi). Mazahib, 184.

Downloads

Published

2024-07-06