Perbandingan Perilaku Zuhud dalam Konsumsi Produk Eco Friendly di Kalangan Generasi Milenial dengan Generasi Z

Authors

  • rezkianandaputra putra IAIN BONE
  • Kamiruddin IAIN Bone
  • Munawarah IAIN Bone

DOI:

https://doi.org/10.32493/amq.v2i2.44710

Keywords:

Perilaku Zuhud, Produk Eco Friendly, Generasi Milenial dan Generasi z, Teori Perbedaan Generasi dan Teori Nilai.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menganalisis perbedaan perilaku zuhud antara generasi Milenial dengan generasi Z dalam konsumsi produk ramah lingkungan (eco-friendly) di Watampone, dengan latar belakang nilai tradisional dan kesadaran lingkungan yang kuat. Zuhud dimaknai sebagai pengalihan dari kesenangan material ke tujuan yang lebih bermakna, termasuk dalam konsumsi produk eco-friendly. Survei dilakukan terhadap 80 responden di Tanete Riattang, Watampone, menggunakan skala Likert dan dianalisis dengan perangkat statistik SPSS 27 (Statistical Package for Social Sciences). Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini mengeksplorasi tiga faktor utama yang memengaruhi perilaku konsumen: solidaritas sosial, pengelolaan sumber daya, dan edukasi lingkungan. Solidaritas sosial mencerminkan kepedulian kolektif pada kesejahteraan lingkungan, pengelolaan sumber daya menekankan pemakaian bahan berkelanjutan, dan edukasi lingkungan berperan dalam meningkatkan kesadaran publik. Untuk memahami pembentukan pola konsumsi, penelitian ini menggunakan Teori Perbedaan Generasi dan Value Belief Norm Theory.

Kata Kunci:  Perilaku Zuhud, Produk Eco Friendly, Generasi Milenial dan Generasi Z, Teori Perbedaan Generasi dan Teori Nilai.

Abstract

This study analyzes the differences in ascetic (zuhud) behavior between Millennials and Generation Z in consuming eco-friendly products in Watampone, against a backdrop of strong traditional values and environmental awareness. Zuhud here is understood as shifting from material pleasures to more meaningful goals, which includes the choice to consume eco-friendly products. The survey involved 80 respondents in Tanete Riattang, Watampone, utilizing a Likert scale and was analyzed with SPSS 27 (Statistical Package for Social Sciences). Through a quantitative approach, the study explores three main factors influencing consumer behavior: social solidarity, resource management, and environmental education. Social solidarity reflects collective concern for environmental well-being, resource management emphasizes the use of sustainable materials, and environmental education aims to increase public awareness. To understand the formation of consumption patterns, the study applies the Generational Difference Theory and the Value Belief Norm Theory.

Keywords: Ascetic Behavior, Eco-Friendly Products, Millennial and Generation Z, Generational Difference Theory and Value Belief Norm Theory.

References

Alghifari, R., Rohmawan, R., & ... (2022). Pengaruh Zuhud Dalam Ekonomi Islam Perspektif Al-Ghazali. Journal of Islamic …, 1(1), 17–23.https://edumediasolution.com/jiefs/article/view/177%0A https: //edumediasolution.com/jiefs/article/download/177/91

Chen, M.-F. (2015). An examination of the value-belief-norm theory model in predicting pro-environmental behaviour in Taiwan: The value-belief-norm (VBN) theory model in predicting pro-environmental behaviour. Asian Journal of Social Psychology, 18. https://doi.org/10.1111/ajsp.12096

Dewi, N. N. A. S., Aristawati, N. P. W., Sriani, N. M., Astini, N. P. T., & Mitariani, N. W. E. (2023). Meningkatkan literasi digital bagi generasi z untuk mewujudkan generasi emas. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar, 1–11.

Dila, B. A. (2022). Bentuk Solidaritas Sosial dalam Kepemimpinan Transaksional. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 2(1). https://doi.org/10.33830/ikomik.v2i1.2749

Effendi, N. I., & Murni, Y. (2019). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 1–8.

Fahik, A. S., Musika, A., Roga, M. D. T., Fallo, A., Djuang, G., & Amaral, M. A. L. (2023). Keputusan Pembelian Kembali: Kepedulian Konsumen Terhadap Produk Ramah Lingkungan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 3818–3831.

Guan, Y., Chu, C., Shao, C., Ju, M., Dai, E., Chagas, C. da S., Pinheiro, H. S. K., Carvalho Junior, W. de, Anjos, L. H. C. dos, Pereira, N. R., Bhering, S. B., Pabum, D. M., Uthbah, Z., Sudiana, E., Yani, E., Garut, K., Barat, J., Suryaningtyas, I. S. D. T., Dengan, B., … Zhang, Z. (2016). VALUE BELIEF NORM APPROACH FOR DETERMINING PICKING UP LITTER BEHAVIOUR AMONG VISITORS AT PENANG NATIONAL PARK, MALAYSIA. Media Konservasi, 2(1), 11–40. http://dx.doi.org/10.1016/j.ecoenv.2017.03.002%0Ahttp://www.forda-mof.org/files/Sistem_Agroforestri_di_Kawasan_Karst_Kabupaten_Gunungkudul_Untuk_Pengelolaan_Telaga_Sebagai_Sumber_Air_Berkelanjutan.pdf%0Ahttps://extension.msstate.edu/sites/default/files/pu

Hasna, K., & Kusdibyo, L. (2022). Analisa Persepsi Perilaku Konsumen Terhadap Produk Ramah Lingkungan. Industrial Research Workshop and National Seminar, 1127–1132. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/4187%0Ahttps://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/download/4187/2782

Hendarsih, I. (2017). Analisis Konsep Green Product sebagai Pelaksanaan Etika Bisnis pada Perusahaan. Widya Cipta, 1(1), 76–85.

Kusumawati, E. (2019). Minat Beli Produk Ramah Lingkungan Sebagai Dampak dari Implementasi Green Advertising. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(1), 57. https://doi.org/10.31599/jki.v19i1.394

Lestari, R. B., & Kardinal, K. (2018). Minat Beli Produk Hijau pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 9(2), 117–124. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v9i2.542

Lubis, B., & Mulianingsih, S. (2019). Keterkaitan Bonus Demografi Dengan Teori Generasi. Jurnal Registratie, 1(1), 21–36. https://doi.org/10.33701/jurnalregistratie.v1i1.830

Maharani, B. D., Hutami, L. T. H., & Isna, K. (2021). Intensi Pembelian Produk Ramah Lingkungan Berdasar Theory of Planned Behaviour. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(2), 182–190. https://doi.org/10.26905/jmdk.v9i2.6152

Mardius, P. R., Sulastri, S., Shihab, M. S., & Yuliani, Y. (2023). Eco-label, kepedulian lingkungan, dan perilaku pembelian hijau: Sebuah sudut pandang Generasi Z tentang semen ramah lingkungan. Jurnal Manajemen Maranatha, 22(2), 193–202. https://doi.org/10.28932/jmm.v22i2.6363

Meyresta, L., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). ETIKA PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM BERKELANJUTAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(2). https://doi.org/10.53429/jdes.v9i2.389

Moridu, I., Ari Purwanti Melinda, Rahmad Fajar Sidik, & Asfahani. (2023). Edukasi Keberlanjutan Lingkungan Melalui Program Komunitas Hijau Untuk Menginspirasi Aksi Bersama. Communnity Development Journal, 4, nomor ((4).

Mutmainah, I., Sonani, N., Wahidhani, E. H., & Rumna. (2022). Persepsi dan Preferensi Masyarakat Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(6), 4104–4112. https://doi.org/10.37385/msej.v3i6.1307

Pinem, R. J., Kurniawati, N. I., & Werdani, R. E. (2018). Analisis Pengaruh Label Ramah Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Studi Manajemen Organisasi , 15, 66–70.

Pranoto, A. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Preferensi Pembelian Antara Produk Kosmetik Ramah Lingkungan Dan Konvensional. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 19(2), 133–151.

Ramadhan, M. H., Ihksan, N. M., & Aditya, R. (2024). Perbandingan Pengetahuan Generasi Milenial dan Generasi Z Mengenai Sejarah Indonesia. Kultura: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(6), 71–81.

Razak, S., & Amin, K. (n.d.). BERBELANJA IBU-IBU MAJELIS TAKLIM SOSIALITA.

Sapuan, I. (2020). Pembentukan Karakter Green Behavior Pada Generasi Milenial Dalam Meningkatkan Penggunaan Eco-Product. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 04(01), 27–39.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.

Tirtosetianto, R. H., Barohima, B., Putri, D., & Pratesa, M. (2024). Analisis Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Berkelanjutan : Studi Kasus pada Generasi Milenial Consumer Behavior Analysis in Choosing Sustainable Products : A Case Study on the Millennial Generation. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(8), 2758–2766. https://doi.org/10.56338/jks.v7i8.5909

Ummah, M. S. (2019a). Peran generasi z dalam mendukung sustainable development goals melalui pengembangan ekonomi hijau menuju Indonesia emas 2045. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf? sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Ummah, M. S. (2019b). Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Utama, E. A. P., & Komara, E. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Produk Ramah Lingkungan (Studi Kasus pada Gen Z di Jabodetabek). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 7(3), 90. https://doi.org/10.35384/jemp.v7i3.259

Utami, K. S. (2020). Green Consumers Behavior: Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 209. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.499

Downloads

Published

2024-12-31