Pentingnya Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan : Survey Tentang Pelayanan dan Loyalitas Pada Perusahaan Jasa

Authors

  • Deri Firmansyah STIE PASIM Sukabumi Jawa Barat http://orcid.org/0000-0001-8372-2639
  • Teddy Setiawan Jurusan Manajemen STIE Penguji Sukabumi, Indonesia
  • Dwinanto Priyo Susetyo STIE PASIM Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i4.10829

Keywords:

Consumer Perception, Service Quality, Trust, Consumer Loyalty

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji dan memverifikasi pentingnya upaya membangun loyalitas konsumen melalui kualitas pelayanan dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Sampel yang digunakan 86 orang konsumen, diperoleh berdasarkan teknik non probability sampling dengan menggunakan pendekatan rumus Slovin. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang didistribusikan langsung kepada responden. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen dan uji asumsi klasik, untuk kemudian dilakukan analisis uji korelasi dan analisis regresi linear berganda analisis koefisien determinasi (R2) dan analisis statistik dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa loyalitas konsumen pada PT. Nuansa Ilham Prima Sukabumi dapat dikontruksi, dibangun dan dipengaruhi oleh ketapatan pelayanan yang diberikan sehingga mampu menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan konsumen, serta menunjukkan begitu penting dilakukan oleh perusahaan dengan meningkatkan kulitas pelayanan untuk menunjukan kemampuan pelayanan dalam memenuhi keinginan, kebutuhan dan harapan konsumen hingga mampu memberikan nilai kepuasan dan persepsi yang positif tentang perusahaan dengan segala produk dan layanan yang ditwarkannya yang berimplikasi tumbuhnya keyakinan yang kuat membuat konsumen percaya tentang proses dan kinerja dari layanan perusahaan.

 

Kata Kunci: Persepsi Konsumen; Kualitas Pelayanan; Kepercayaan; Loyalitas Konsumen

References

Ariani, D. W. (2020). Manajemen Operasi. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Cooper, D. R., Schlinder, P. S., & Pamela, S. (2014). Business Research Methods. McGrow - Hill Education. New York.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approach (Fourth Edi). SAGE Publication Inc.

Firmansyah, D., Susetyo, D. P., Suryana, A., & Rifai, A. A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Usaha Minuman Ringan Bubble’ku Bubble Drink Dan Ice Blend Di Ramayana Dept. Store Kota Sukabumi. Jurnal Mirai Management, STIE AMKOP. Makasar., 293–303. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.1234/mirai.v5i2.619

Kotler, P., & Keller, K. (2014). Manajemen Pemasaran; Jilid 2. In Erlangga. Jakarta (Millenium). Erlangga. http://lib.unika.ac.id/index.php?p=show_detail&id=50366&keywords=kotler

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, Global Marketing, 15 th Editon (15 th Edit). Pearson Education Limited. Inc.

Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. (2012). Pemasaran Jasa Perspektif Indonesia (1st, Edisi 7 ed.). Erlangga.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. CV. Alfabeta. Bandung.

Sangadji, E. M., Sopiah, & WK, N. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, Penelitian (Cetakan ke). Andi Offset.

Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2016). Service Quality dan Satisfaction (Ed. 4). Andi Offset.

Utami, M., Handayani, T., & Pusporini. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah. Departement of Islamic Economics and Management Pembangunan Nasional “Veteran†University Jakarta. Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Proceeding. Vol. 2, 2019, 170–178.

Downloads

Published

2021-07-30

How to Cite

Firmansyah, D., Setiawan, T., & Susetyo, D. P. (2021). Pentingnya Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan : Survey Tentang Pelayanan dan Loyalitas Pada Perusahaan Jasa. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(4), 304–313. https://doi.org/10.32493/drb.v4i4.10829

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.