Implikasi Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pasar Blauran Kotamadya Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.11696Keywords:
Kata kunci, Experiental Marketing, Kepuasan Konsumen, Purposive SamplingAbstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasikan implikasi pengaruh experiential marketing (sense, feel, think, act, relate) terhadap aktualisasi tercapainya nilai kepuasan konsumen di pasar Blauran Kodya Surabaya. Sampel penelitian terdiri dari 60 partisipan konsumen penggiat belanja di pasar Blauran Kodya Surabaya melalui pendekatan metode purposive sampling. Parameter sense tidak berpengaruh secara positip terhadap kepuasan, parameter feel berpengaruh positip secara bermakna terhadap kepuasan pelanggan, parameter think berpengaruh positip secara bermakna terhadap kepuasan pelanggan, parameter act berpengaruh negatif secara bermakna terhadap kepuasan pelanggan, parameter relate berpengaruh negatip secara bermakna terhadap kepuasan pelanggan, terindikasikan kondisional persepsi para partisipan tersebut manakala berbelanja di pasar blauran lebih mengutamakan dimensional sense dikuti oleh feel, think maupun act secara komprehensif. Optimalisasi keberhasilan pencapaian nilai kepuasan pelanggan dapat teraktualisasikan melalui kolaborasi pemberdayaan elemen-elemen experiental marketing (sense, feel, think, act, relate) guna merelevansikan kepositipan sikap loyal pelanggan secara nyata dewasa ini.
Kata kunci: Experiental Marketing; Kepuasan Konsumen; Purposive Sampling
References
Cooper, D.R. & Emory, CW. (2015). Business Research Methods, 11th Ed Richard D. Irwin, Inc. New York.
Chandra, H. 2018. Marketing Untuk Orang Awam Palembang, Maxicom.
Christian, A. & Dharmayanti, D. (2011). Pengaruh Experiential Marketing terhadap satisfaction dan customer loyalty the light cup di Surabaya Town Square. Jurnal Pemasaran Petra, Volume 1.
Ghozali, I. (2016). Analisis Multivariate Aplikasi Dengan Program SPSS, Edisi Keempat. Penerbit: Universitas Diponegoro
Hidayat, A., Ramadhani, P. (2019). Dampak Kualitas Hubungan pada Pemasaran Eksperiensial dan Kepuasan Pelanggan dalam Kasus Penjualan Tiket Online. Konferensi Internasional ke-6 IEEE tentang Teknik dan Aplikasi Industri.
Kartajaya, H. (2014). Marketing in Venus.†Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P. (2017). Manajemen pemasaran, analisis perencanaan, pengendalian, prentice hall. Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat.
Pine, B. J. & Gilmore, J. H. (2015). The experience economy: Work is theatre and every business a stage. Boston MA: Harvard Business School Press.
Schmitt, B. H. (2011). Experiential Marketing: How to get customer to sense, feel, think, act and relate to your company and brands. New York: The Free Press.
Smiliansky, S. (2014). Experiental Marketing: A Prectical Guide Interactive to Brand Experience. India: Replika Press
Tjiptono, F.(2014). Strategi pemasaran. 2nd ed. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Zeithaml, V. A. & Bitner, M. J. (2012), Services Marketing: Integrating Cutomer. Focus Acros the firm, 2nd ed. Boston University.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.